Apa pengertian Sunnah menurut Allah SWT

MAKNA SUNNAH
Sunah adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada rosul. Baik berupa perkataan, perbuatan, penetapan, sifat fisik atau sifat peranganinya. Secara etimologi, Sunnah berarti; thariqah (jalan) makna ini ditunjukkan oleh sabda nabi shollalahu alaihi wasalam, “hendaknya kalian berpegang pada Sunnahku dan pegang teguhlah dan gigitlah ia dengan gigi geraham”. Demikian hadis yang diterima Irbadh bin syariah Radhiyallahu ‘anhu. Maka, segala sesuatu yang selaras dengan jalan beliau ia termasuk Sunnahnya. Sunnah yang diperintahkan tersebut dapat bersetatus mustahab ( jika dikerjakan mendapatkan pahala dan jika tidak dikerjakan tidak mendapat pahala). Dan dapat pula berstatus wajib, tergantung pada dalil-dalil yang menunjukannya.
Dikalangan para ulama belakangan (mutaakhahirin), Sunnah lebih dikenal dengan arti mustahab atau mandub. Terminologi ini yang banyak digunakan oleh para ulama usul dan fikih. Makna Sunnah ini yang dimaksud dalam artikel ini.
Jika demikian, Sunnah yang dimaksud disini adalah; yang diperintahkan oleh pembuat syariat bukan sebagai keharusan, dimana buah dari pengalamannya adalah pelaksanaanya akan diganjar pahala dan orang yang meninggalkannya tidak akan mendapatkan siksa.
Beberapa Contoh semangat Salaf dalam Sunnah.
Muslim meriwayatkan dalam Shahihnya hadis Nu’man bin Salim, dari Amr bin Aus Radhiyallahu Anhuma menceritakan kepadaku Anbasah bin Abu Sufyan berkata, aku mendengar Ummu Habibah Radhiyallahu Anhu berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, 
“Barang siapa yang sholat dua belas rakaat dalam satu hari satu malam, akan di bangunkan untuknya dengan rakaat-rakaat itu sebuah rumah di surga”.