Berikut Penjelasan Pelaksanaan Shalat Istikharah (Jodoh)

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang Penjelasan Shalat Istikharah.

Sholat Istikharah

Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang hendak memohon petunjuk kepada Allah, untuk menentukan keputusan yang benar ketika dihadapkan kepada beberapa pilihan keputusan. Sebelum datangnya Islam, masyarakat jahiliyah melakukan istikharah (menentukan pilihan) dengan azlam (undian). Setelah Islam datang, Allah melarang cara semacam ini dan diganti dengan shalat istikharah.
Tata cara shalat Sunnah Istikharah

 

 

Lafadz atau Bacaan Niat Shalat istigharoh

ِتَعَالَى رَ ِللهِ كْعَتَيْنرَة اْلاِسْتِخَاِ اسُنَّةَ ُصَلِّى

Latin ;

USHOLLII SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAArtinya :

Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala

Doa setelah sholat istikhoroh :
ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL ‘ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A’LAMU WA ANTA ‘AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA’AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII WA ‘AAJILIHI FASHRIFHU ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.
Artinya :
Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini …….. adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ……… menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.
Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Istikharah
Shalat sunnah Istikharah memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan yang manfaat dari shalat sunnah Istikharah seperti dalam Sabda Nabi Muhammad Saw yang berbunyi: “Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah Shalat Sunah dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah meminta kepada Allah (HR. Al-Bukhari).

 

Memohon pilihan yang terbaik kepada Nya merupakan cara sebagaimana yang telah diajarkan Rasulullah bagi ummatnya, sehingga dapat menemukan pilihan yang sesuai dengan keinginan sehingga membawa dampak dalam kehidupan. Allah berfirman: “Wasta’ilnu bis shobri was sholah” (minta tolonglah kepada Allah dengan sabar dan shalat). Berikut manfaat shalat Istikharah/keutamaan dan keistimewaan shalat Istikharah. Menghilangkan keraguan dalam menentukan pilihan
Menemukan pilihan yang terbaik sesuai dengan keinginan dari petunjuknya Terhindar dari kesalahan-kesalahan yang menentukan pilihan Memantapkan hati setiap mengambil keputusan