Amalan-amalan Untuk Mengisi Bulan Ramadhan | Kajian Islam

Dibulan Ramadhan yang penuh berkah ini sangat sayang sekali jika waktu kita dibuang sia-sia, maka dari itu Perbanyaklah beribadah kepada Allah SWT, Karena pada saat Bulan Ramadhan Segala Sesuatu Ibadah kita Dikalikan berkali-kali lipat Pahalanya, Maka sangat di sayangkan Jika kita Masih diberi umur Panjang Masih diberi Kesehatan, Masih diberi Kesempatan untuk Bertemu dengan Bulan Ramadhan, Malah disia-siakan.

Untuk itu, Pada Bulan Yang perbub berkah ini kita sama-sama meningkatkan Ibadah kita dengan Amalan-amalan tersebut :
1. Memperbanyak Shalat Sunnah
2. Membaca Al-Qur’an
3. Mengaji Ilmu Agama
4.Berin’fak / Sedekah
5. Menghafal Ayat-ayat pendek Al-Qur’an
6. Perbanyak Dzikir

TAHUKAH KAMU.. amal manusia yang pertama kali dihitungkan pada hari kiamat itu adalah shalat. Dan.. shalat sunnah berfungsi untuk menutupi kekurangan yang mungkin terdapat pada shalat 5 waktu tersebut. Disamping itu, shalat sunnah juga memiliki keutamaan yang tidak dimiliki semua jenis ibadah lainnya.

shalat sunnah itu sangat banyak macamnya, ada yang namanya shalat rawatib, shalat tahajud, shalat dhuha, shalat witir, shalat tarawih, dan masih banyak lagi.

Kali ini Untuk mengisi amalan-amalan kita di bulan Suci Ramadhan, saya akan membahas dulu Shalat Sunnah Dhuha, 

Shalat dhuha 
Shalat dhuha adalah shalat sunnah yang dilakukan ketika waktu dhuha, yaitu ketika matahari sedang terbit hingga menjelang masuk waktu zuhur. Jumlah rakaatnya minimal 2, dan maksimal 12 rakaat dengan 2 rakaat salam, 2 rakaat salam. 

Sabda Rasulullah SAW :

“Shalat Dhuha itu shalat orang yang kembali kepada Allah, setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk beerja, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena panas tempat berbaringnya” (HR Muslim)

Sangat banyak sekali manfaat yang diperoleh apabila kamu melakukan shalat dhuha dengan rutin, yaitu :

  1. Sedekah bagi tubuh, seperti sabda rasul : “Setiap tulang dan persendian badan dari kamu ada sedekahnya, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap amar ma’ruf adalah sedekah, dan setiap nahi munkar adalah sedekah. Maka yang dapat mencakupi itu hanyalah dua rakaat yang dilakukan dari shalat Dhuha.” (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud)
  2. Perwujudan rasa syukur atas nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita
  3. Menyehatkan jasmani
  4. Meningkatkan kecerdasan
  5. Hati menjadi lebih tenang
  6. Menjadi lebih konsentrasi dalam berpikir
  7. Memudahkan jalan meraih rezeki
  8. InsyaAllah dapat memudahkan urusan pada hari itu
  9. Menangkal stress yang mungkin muncul dalam kegiatan sehari-hari
Belajarlah Bersama-sama untuk memperbaiki diri, Sekian dari saya, untuk pembahasan Selanjutnya ikuti saja Artikel-artikel ini, Jika dirasa bermanfaat.