Soal Essay KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA Dan Jawabannya

KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

Berikut ini , Soal LKS Essay PKN Kurikulum2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10

1. Jelaskan perbedaan antara pengertian bangsa dan negara?
Jawaban:
Bangsa adalah sekumpulan manusia yang bersatu pada satu wilayah dan memunyai keterikatan dengan wilayah tersebut. Keinginan membentuk nation bersama muncul karena adanya persamaan nasib dan sejarah sehingga menimbulkan persatuan dalam suatu komunitas masyarakat membentuk kesadaran berbangsa.
Kesamaan itu meliputi aspek budaya, bahasa, agama dan tradisi. Inilah proses yang mendasari terbentuknya sebuah kesadaran bersatu, bergabung dan berbangsa di mana pun di seluruh dunia.

Negara adalah suatu daerah atau wilayah yang ada di permukaan bumi yang didalamnya terdapat suatu pemerintahan yang mengatur ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan keamanan, dan lain sebagainya. Di dalam suatu negara minimal terdapat unsur-unsur negara seperti rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat serta pengakuan dari negara lain.

2. Apa yang dimaksud dengan negara?
Jawaban: Negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent.

3. Apakah warga Negara itu?
Jawaban: Warga negara adalah rakyat yg menetap disuatu wilayah dan rakyat tertentu dlm hubungannya dgn negara. Dlm hubungan antara warga negara dan negara, warganegara mempunyai kewajiban-kewajiban terhadap negara dan sebaliknya warga negara juga mempunyai hak yg harus diberikan dan dilindungi oleh negara.

4. Apa yang dimaksud dengan tujuan negara?
Jawaban: Tujuan Negara Indonesia ini tercantum didalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Indonesia 1945 alinea keempat yang berbunyi, “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum.

5. Apa yang menjadi tujuan nasional bangsa Indonesia?
Jawaban: Tujuan nasional tersebut adalah :

(1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

(2) memajukan kesejahteraan umum.
(3) Mencerdaskan kehidupan bangsa.
(4) melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

6. Apa yang dimaksud dengan suku bangsa?
Jawaban: Kelompok etnik, etnis atau suku bangsaadalah suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama. … Ini adalah sebuah gejala yang terkandung dalam pengalaman manusia” meskipun definisi ini seringkali mudah diubah-ubah.

7. Jelaskan proses terbentuknya bangsa menurut model ortodoks?
Jawaban: Model Ortodoks : Yang bermulai dari adanya suatu bangsa terlebih dahulu untuk kemudian bangsa itu membentuk suatu negara tersendiri. Setelah negara bangsa ini terbentuk, kemudian suatu rezim politik (konstitusi) di rumuskan dan di tetapkan dan sesuai dengan pilihan rezim tersebut.

8. Jelaskan pengertian kesadaran berbangsa dan bernegara?
Jawaban:
Berbangsa adalah manusia yg mempunyai landasan etika,bermoral,dan berakhlak mulia dalam bersikap dlam mewujudkan makna sosial dan adil

Bernegara adalah manusia yg mempunyai kepentingan yg sama dan menyatakan dirinya sbg satu bangsa serta berproses di dalam satu wilayah NUSANTARA atau INDONESIA
dan mempunyai cita cita yg berlandaskan niat untuk bersatu secara emosional dan rasional dalam membangun rasa nasionalisme secara ekletis kedalam sikap perilaku antar yg berbeda ras,agama,asal keturunan,adat,bahasa,dan sejarah.

9. Sebutkan tiga macam alat pemersatu bangsa Indonesia!
Jawaban:
1. Lambang negara : Garuda
2. Semboyan negara Pasal 36A UUD RI Tahun1945 berbunyi: “… semboyan Bhinneka Tunggal Ika”, artinya kata-kata itu dijadikan semboyan negara. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu.
3. Bahasa Indonesia : sesuai yang tertulis di sumpah pemuda ke-3. yg berbunyi”kami putra dan puti Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia.

10. Jelaskan maksud unsur KONSTITUTIF dan DEKLARATIF terbentuknya negara!
Jawaban:
1. UNSUR KONSTITUTIF adalah unsur unsur pokok yang wajib atau mendasar atau prinsipil dipenuhi calon Negara agar bisa diterima menjadi sebuah Negara. Unsur konstitutif ini mencakup WILAYAH, PEMERINTAHAN dan RAKYAT.
2. UNSUR DEKLARATIF adalah unsur tambahan pembentuk Negara. Meski unsur tambahan namun unsur ini juga penting karena berhubungan dengan eksistensi atau keberadaan sebuah Negara (baru). Unsur deklaratif ini mencakup PENGAKUAN dari Negara lain terhadap Negara yang baru dibentuk secara konstitutif. Pengakuan ini terbagi dua yakni secara de facto dan de jure.