Soal Essay Tentang Ancaman Terhadap Integrasi Nasional dan Jawabannya

ANCAMAN TERHADAP NEGARA DALAM MEMBANGUN INTEGRASI NASIONAL

Berikut ini , Soal LKS Essay PKN Kurikulum2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10

1. Apa yang dimaksud dengan ketahanan nasional?
Jawaban: Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis suatu bangsa, meliputi seluruh aspek kehidupannasional yang terintegrasi, berisi keuletan, dan ketangguhan serta mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala tantangan, ancaman, hambatan, serta gangguan dari luar maupun dari dalam, langsung.

2. Jelaskan perbedaan antara ancaman dari luar negeri dan ancaman dari dalam negeri! Manakah yang paling berpotensi merusak keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia?
Jawaban: Perbedaan antara ancaman dalam negeri dan luar negeri terletak dari asal ancaman itu berada baik itu ancaman yang datang dari dalam tatanan nasional maupun internasional…dan jika disandingkan keduanya, maka yang paling potensial merusak NKRI adalah ancaman dari dalam, karena melibatkan warga yang berada dalam negara tersebut yang tdk mungkin dapat di analisir secara pasti.

3. Apa itu ketahanan nasional Indonesia?
Jawaban: Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar.

4. Apa yang dimaksud dengan hakikat pertahanan negara?
Jawaban:Hakikat pertahanan negara adalah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri.

5. Apa yang dimaksud dengan pertahanan dan keamanan negara?
Jawaban: PENGERTIAN PERTAHANAN DAN KEAMANAN NKRI. Pertahanan negara disebut juga pertahanan nasional adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah sebuah negara dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan wawasan nusantara?
Jawaban: Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan wawasan nasional?
Jawaban: Wawasan Nasional adalah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung (interaksi & interelasi) serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah-tengah lingkungannya baik nasional, regional, maupun global.

8.Apa itu strategi nasional?
Jawaban: Strategi nasional adalah cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional . … Politik dan strategi nasional yang telah berlangsung selama ini disusun berdasarkan sistem kenegaraan menurut UUD 1945.

9. Apa yang dimaksud dengan sistem pertahanan negara?
Jawaban: Sistem Pertahanan Negara adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah,

10. Apa yang dimaksud dengan politik nasional?
Jawaban: Politik nasional adalah asas , haluan, usaha serta kebijaksanaan Negara tentang pembinaan, perencanaan, pengembangan, pemeliharaan, dan pengendalian serta penggunaan secara kekuatan nasional untuk mencapai tujuan nasional. Dalam melaksanakan politik nasional maka susunlah strategi nasional.