Soal Essay ANCAMAN TERHADAP NEGARA DALAM MEMBANGUN INTEGRASI NASIONAL, Beserta Jawabannya

ANCAMAN TERHADAP NEGARA DALAM MEMBANGUN INTEGRASI NASIONAL

Berikut ini , Soal LKS Essay PKN Kurikulum 2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10

1. Menurut pendapat Anda, bagaimana keterkaitan antara ancaman dan integrasi nasional!
Jawaban: Besarnya kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang merongrong keutuhan, kesatuan dan persatuan bangsa, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri dengan demikian kita harus memiliki integrasi yang kuat antara bangsa satu dgn yg lain.

2. Berilah contoh kerusuhan atau kejadian yang mengindikasi ancaman terhadap masyarakat yang terjadi di lingkungan sekitar Anda!
Jawaban:
1.Massa yang berada di sekitarnya terpancing untuk melakukan kerusakan.
2. Globalisasi dapat berpengaruh terhadap perubahan nilai-nilai budaya suatu bangsa.

3. Analisislah sebuah kasus yang dapat menyebabkan perpecahan yang pernah terjadi di lingkungan sekolah anda!
Jawaban:
Kasus :  konflik antar suku.
Penyebab utama : sejarah masa lalu, dimana pada masa lalu diwarnai persaingan yang berujung pada konflik untuk memperebutkan status dan juga adanya sikap gengsi.
Cara mengatasi : memberikan toleransi yang tinggi terhadap kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan kita, pemerintah harus lebih peka dan adil dalam pembuatan peraturan-peraturan agar tidak ada yang merasa dianaktirikan dan merasa tidak dipedulikan oleh pemerintah.
Sikap melihat kasus tsb : tidak ikut ambil bagian dalam konflik dan segera melaporkan ke pihak berwenang agar tidak terjadi konflik.

4. Setujukah anda apabila kenakalan remaja dapat dikategorikan sebagai ancaman terhadap terhujudnya integrasi nasional? Berikan penjelasan Anda!
Jawaban: Ya,terutama kenakalan remaja dalam hal ‘tawuran antar pelajar’ karena ketika mereka melakukan tawuran,mereka saling membunuh antar sesama warga negara meskipun beda sekolah.Semakin dewasa tawuran antar pelajar ini mungkin bisa berlanjut menjadi tawuran antar ras,kelompok masyarakat,dan lain sebagainya.
Jadi hal ini sangat membantu dalam merusak terwujudnya integrasi nasional.

5. Mengapa Setiap warga negara wajib membela negara?
Jawaban: Karena warga negara itu tinggal di dalam suatu negara. kalau dia tidak membela negaranya sendiri , maka dia sama saja menghancurkan status warga negaranya.
dan juga di dalam UUD 1945, sudah tercantum pada pasal 27 ayat 3 (setelah diamandemen). yang berbunyi, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

6. Apakah yang dimaksud dengan ketahanan Nasional?
Jawaban: Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar.

7. Tunjukanlah kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan mengurangi perpecahan dalam masyarakat!
Jawaban:
1. Tidak membeda-bedakan keberagaman seperti suku,agama,ras,dan budaya karena kita berasal dr masyarakat heterogen.
2. Membangun kesadaran akan pentingnya integrasi nasional.
3. Menggunakan,menjaga serta ikut merawat fasilitas umum yg ada.
4. Berpartisipasi dalam kegiatan yg dilaksanakan masyarakat atau pemerintah.

8. Sebutkan empat faktor yang menjadi pendorong integrasi Nasional!
Jawaban:
1.      Faktor sejarah yang menimbulkan rasa senasib dan seperjuangan.
2.      Keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia sebagaimana dinyatakan dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.
3.      Rasa cinta tanah air di kalangan bangsa Indonesia, sebagaimana dibuktikan perjuangan merebut, menegakkan, dan mengisi kemerdekaan.
4.      Rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara, sebagaimana dibuktikan oleh banyak pahlawan bangsa yang gugur di medan perjuangan.

9. Setujukah anda apabila dinyatakan bahwa konflik antar negara (Misalanya di Timur Tengah) sedikit banyak berpengaruh pada negara lain?
Jawaban: Ya, konflik di Luar negeri akan mempengaruhi terhadap negara lain, apa saja yang dapat mempengaruhi antara lain.
1. Perekonomian
2. Keamanan Negara.

10. Mengapa Tindakan/Perilaku dari masyarakat dapat digolongkan sebagai ancaman terhadap integrasi Nasional? Jelaskan menurut pemahaman Anda!
Jawaban: Masyarakat dalam suatu negara memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan suatu integrasi negara. jika masyarakat memiliki pandangan pandangan primodialisme atau etnosentrisme salah satunya maka akan mengancam keutuhan dari suatu negara. apalagi bagi negara seperti indonesia yang memiliki beragam suku budaya yang pastinya struktur masyarakatnya heterogen  maka dibutuhkan sikap toleransi dari setiap masyarakatnya. selain itu tindakan anarkis atau tindakan menyimpang lainnya akan berpengaruh pada keutuhan bangsa.