Soal Essay Pasal-pasal UUD 1945 dan Jawabannya

PASAL-PASAL UUD 1945

Berikut ini , Soal LKS Essay PKN Kurikulum2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10

1. IDENTIFIKASI batas antara suatu negara dan negara lain!
Jawaban:
1. Batas alamiah, yaitu batas suatu negara lain yang terjadi secara alamiah, misalnya dalam bentuk pegunungan, sungai, dan hutan
2. Batas buatan, yaitu batas suatu negara dengan negara lain yang sengaja dibuat oleh manusia dalam bentuk pagar tembok, kawat berduri, dan pos penjagaan
3. Batas secara geografis, yaitu batas wilayah suatu negara dengan negara lain yang dapat ditentukan berdasarkan letak geografis yang melalui garis lintang dan garis bujur.

2. Analisislah cara menentukan status kewarganegaraan berdasarkan perkawinan!
Jawaban:
1. Asas Kesatuan Hukum
⇒ yaitu berdasarkan pada paradigma bahwa suami-istri ataupun ikatan keluarga merupakan inti masyarakat yang meniscayakan suasana sejahtera, sehat dan tidak berpecah. Dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat, suami-istri ataupun ikatan keluarga yang baik perlu mencerminkan adanya suatu kesatuan yang satu. Untuk mewujudkan terciptanya kesatuan dalam keluarga atau suami istri maka semuanya harus tunduk pada hukum yang sama.
2. Asas Persamaan Derajat
⇒ yaitu suatu perkawinan tidak menyebabkan perubahan status kewarganegaraan masing-masing pihak (suami atau istri) baik suami ataupun istri tetap berkewarganegaraan asal, dengan kata lain mereka tetap memiliki status kewarganegaraan sendiri, sama halnya ketika mereka belum menjadi suami istri.

3. Analisislah jaminan atas hak dan kewajiban warga negara yang diatur dalam pasal 27 hingga 34 UUD 1945!
Jawaban:
A. Hak dan kewajiban dalam bidang politik
• Pasal 27 ayat (1) menyatakan, bahwa “Tiap-tiap warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemeritahan itu dengan tidak ada kecualinya”. Pasal ini menyatakan adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban, yaitu:
1. Hak untuk diperlakukan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan.
2. Kewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan.
• Pasal 28 menyatakan, bahwa “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang”. Arti pesannya adalah:
1. Hak berserikat dan berkumpul.
2. Hak mengeluarkan pikiran (berpendapat).
3. Kewajiban untuk memiliki kemampuan beroganisasi dan melaksanakan aturan-aturan lainnya, di antaranya: Semua organisasi harus berdasarkan Pancasila sebagai azasnya, semua media pers dalam mengeluarkan pikiran (pembuatannya selain bebas harus pula bertanggung jawab dan sebagainya).
B. Hak dan kewajiban dalam bidang sosial budaya • Pasal 31 ayat (1) menyatakan, bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran”.
• Pasal 31 ayat (2) menyatakan bahwa “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistim pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang”.
• Pasal 32 menyatakan bahwa “Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia”.
Arti pesan yang terkandung adalah:
1. Hak memperoleh kesempatan pendidikan pada segala tingkat, baik umum maupun kejuruan.
2. Hak menikmati dan mengembangkan kebudayaan nasional dan daerah.
3. Kewajiban mematuhi peraturan-peraturan dalam bidang kependidikan.
4. Kewajiban memelihara alat-alat sekolah, kebersihan dan ketertibannya.
5. Kewajiban ikut menanggung biaya pendidikan.
6. Kewajiban memelihara kebudayaan nasional dan daerah.

4. Berilah contoh hak dan kewajiban warga negara dalam aspek pertahanan keamanan!
Jawaban:
A.   Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak : “Tiap warga negara berhak ataspekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan” (pasal 27 ayat 2).
B.  Hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan: “setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.”(pasal 28A). –   Hak untuk membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah (pasal 28B ayat 1). –   Hak atas kelangsungan hidup. “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan Berkembang”

5. Kemukakan makna yang terkandung dalam pasal 29 UUD 1945 menurut persepsi anda!
Jawaban: Makna yang terkandung adalah perwujudan dari pengakuan keagamaan. Oleh karena itu, setiap orang bebas memeluk agama dan beribadah menurut agamanya yang diyakini dan tidak ada yang bisa melarang orang untuk memilih agama yang diyakininya selain itu warga negara berhak mendapatkan pendidikan, tempat tinggal yang layak dan berhak menentukan kewarganegaraan sendiri.

6. Analisislah disertai contoh asas kewarganegaraan berdasarkan tempat kelahiran (Iis Soli)
Jawaban: Ius soli merupakan asas penentuan status kewarganegaraan yang didasarkan pada daerah atau tempat tinggal dimana seseorang dilahirkan.
contohnya : seseorang yang lahir dinegara X akam menjadi warga negara X, meskipun orang tuanya adalah warga negara Y.
negara yang mengakui asas ius soli yaitu inggris amerika, mesir.

7. Kemukakan alasan seseorang melakukan naturalisasi!
Jawaban:
Alasan seseorang melakukan naturalisasi diantaranya adalah:

1. Alasan ekonomi
2. Alasan keamanan dan keselamatan
3. Alasan keluarga dan keturunan
4. Alasan kesehatan
5. Alasan kepentingan politik dan pemerintahan
6. Alasan kepentingan olah raga
7. Alasan kepentingan bela tanah air.
Semua alasan-alasan tersebut memiliki dasar dan jika sudah memang memenuhi persyaratan, naturalisasi bisa dilakukan di pengadilan setempat maupun di kedutaan besar.

8. Menurut Anda, apakah perempuan warga negara Indonesia yang menikah dengan laki-laki warga negara asing akan kehilangan kewarganegaraan Republik Indonesia!
Jawaban: Tidak,karena negara Indonesia menganut paham ius soli yaitu kewarganegaraan berdasarkan tempat lahir.Jadi dia tidak akan kehilangan kewarganegaraan nya di Indonesia.

9. Tunjukan bukti bahwa negara menjamin persamaan kedudukan warga negara!
Jawaban: Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.” Itulah bunyi dari pasal 28E ayat (1) Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

10. Analisislah maksud dari keutuhan NKRI!
Jawaban: Yang dimaksud dengan keutuhan NKRI adalah tekad, perasaan bahwa bangsa dan negara  Indonesia adalah satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Keutuhan NKRI dalam hal ini merujuk pada wawasan nusantara yang artinya cara pandang bangsa indonesia dalam mengenal Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.