Soal Essay Pemerintah Pusat, Beserta Jawabannya

PEMERINTAH PUSAT

Berikut ini , Soal LKS Essay PKN Kurikulum2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10

1. Mengapa Otonomi daerah merupakan upaya untuk mewujudkan demokrasi?
Jawaban: Karena otonomi daerah langsung mengurangi ajang jalan birokrasi yang memakan waktu dan terkadang memakan biaya. Otonomi daerah masing-masing memacu persaingan sehat yang keuntungannya bisa dirasakan oleh rakyan langsung.
Dan bisa disesuaikan dengan kepentingan dan keperluan daerah tersebut. Lain daerah, lain sumberdaya dan lain kebutuhannya.

2. Sebutkan bukti bahwa DPR berperan dalam Otonomi daerah!
Jawaban: Otonomi daerah adalah peraturan atau kekuasaan yang diberikan oleh badan legislatif dan eksekutif untuk DPRD masing-masing daerah untuk di pimpin dan untuk mengatur jalannya pemerintahan daerah. Otonomi daerah ini disusun berdasakan prinsip demokrasi.. Tentu saja. Karena Indonesia menerapkan Demokrasi Ekonomi. maka, semua permasalahan / perencanaan disusun berdasarkan prinsip demokrasi.

3. Siapa saja anggota dewan pertimbangan Otonomi daerah?
Jawaban: Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah(disingkat DPOD) adalah dewan yang memberikan pertimbangan kepada Presiden mengenai rancangan kebijakan otonomi daerah. DPOD mempunyai tugas memberikan pertimbangan kepada Presiden.
1. Menteri Dalam Negeri
2. Menteri keuangan
3. Menteri Sekretaris Negara
4. Perwakilan asosiasi pemerintah daerah.
5. wakil-wakil daerah yang dipilih DPRD

4. Apakah dengan adanya otonomi daerah berarti Indonesia mempunyai kesatuan pemerintah lain di dalamnya yang bersifat negara?
Jawaban: tidak, otonomi daerah  itu hanya melimpahkan tugas pada masing-masing daerah untuk mengurus beberapa hal sendiri. selebihnya pusat yang ngatur.

5. Berikan interpretasi anda mengenai pelaksanaan otonomi daerah pada masa orde baru?
Jawaban: Pada zaman orde baru terdapat kebijakan ekonomi yang disebut trilogi pembangunan. Yaitu stabilitas politik, ekonomi yang stabil, dan pemerataan pembangunan. sehingga mampu menghadirkan stabilitas ekonomi.

6. Sebutkan yang termasuk kementerian koordinator!
Jawaban: Kementerian Koordinator terdiri atas:
1.Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
2. Koordinator Bidang Perekonomian
3.Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan;
4. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

7. Jelaskan perbedaan antara pemilihan presiden sebelum dan setelah masa reformasi!
Jawaban: Perbedaannya adalah jika pada zaman sebelum reformasi tidak adanya kebebasan kita untuk mengeluarkan pendapat mengenai pemerintahan, pemerintahannya juga bersifat tertutup. Jika pada zaman reformasi sudah ada kebebasan untuk mengeluarkan pendapat mengenai pemerintahan, pemerintahan juga bersifat terbuka.

8. Tunjukan bukti-bukti bahwa pelaksanaan otonomi daerah di daerah tempat tinggal anda telah dapat berjalan secara maksimal!
Jawaban: Tercukupinya kebutuhan.
dalam kehidupan sehari hari
adanya perlindungan dari pemerintah.

9. Apakah yang dimaksud dengan otonomi daerah?
Jawaban: Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerahotonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Secara harfiah, otonomi daerahberasal dari kata otonomi dan daerah.

10. Setujukah anda dengan keberadaan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD)? Berilah alasannya?
Jawaban: Setuju.. karena dapat memprtimbangkan masalah di daerah tersebut.