Soal Essay TENTANG INTEGRASI NASIONAL dan Jawabannya

TENTANG INTEGRASI NASIONAL

Berikut ini , Soal LKS Essay PKN Kurikulum2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat

Soal Essay 1-10

1. Berilah alasan mengapa ancaman terhadap suatu daerah merupakan ancaman terhadap seluruh bangsa Indonesia!
Jawaban: Karena ancaman terhadap suatu daerah  mempengaruhi seluruh bangsa indonesia
dan sebagai warga negara indonesia kita harus bersatu dan apabila ada suatu daerah yang di ancam berarti seluruh warga negara indonesia di ancam.

2. Berilah contoh gangguan terhadap kebutuhan negara Indonesia yang berasal dari luar negeri!
Jawaban:
1. Terorisme internasional.
2. Kejahatan lintas negara.
3. Kegiatan imigran gelap.
4. Agresi berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa.
5. Pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh negara lain, baik menggunakan kapal maupun pesawat non komersial.
6. Spionase yang dilakukan oleh negara lain untuk mencari dan mendapatkan informasi rahasia militer.
7. Penjajahan oleh bangsa lain.

3. Berilah contoh ancaman dari luar negeri yang dapat menimbulkan perpecahan di bidang sosial budaya!
Jawaban: Kemajuan teknologi dan informasi membuat budaya luar negeri (berbagai macam tarian dan film) masuk ke indonesia dengan mudah sehingga budaya indonesia luntur.

4. Menurut pemahaman Anda, bagaimana hubungan antara ancaman dan integrasi nasional?
Jawaban: Hubungan antara integrasi nasional dan ancaman menurut saya, integrasi merupakan usaha dan proses menyatukan, mempersatukan perbedaan – perbedaan dalam suatu negara. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dan memiliki beragam suku, bahasa, kebudayaan yang berbeda. Sehingga pasti sudut pandang masyarakat pun berbeda-beda. Dan dari perbedaan itu lah kadang menjadi ancaman bagi keutuhan integrasi nasional.

5. Analisislah sebuah kasus yang dapat menyebabkan perpecahan yang pernah terjadi di lingkungan masyarakat Anda!
Jawaban:

Kasus :  konflik antar suku.
Penyebab utama : sejarah masa lalu, dimana pada masa lalu diwarnai persaingan yang berujung pada konflik untuk memperebutkan status dan juga adanya sikap gengsi.
Cara mengatasi : memberikan toleransi yang tinggi terhadap kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan kita, pemerintah harus lebih peka dan adil dalam pembuatan peraturan-peraturan agar tidak ada yang merasa dianaktirikan dan merasa tidak dipedulikan oleh pemerintah.
Sikap melihat kasus tsb : tidak ikut ambil bagian dalam konflik dan segera melaporkan ke pihak berwenang agar tidak terjadi konflik.

6. Kemukakan pemahaman Anda mengenai ketahanan nasional!
Jawaban: Ketahanan nasional adalah keuletan dan daya tahan suatu bangsa yang mengandung kemampuan untuk memperkembangkan kekuatannasional dalam menghadapi segala ancaman baik yang datang dari luar maupun yang datang dari dalam yang langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan hidup Negara Indonesia.

7. Ketahanan nasional bersifat menunggal. analisislah maksud pernyataan tersebut!
Jawaban: Manunggal, artinya ketahanan nasional memiliki sifat integratif yang diartikan terwujudnya kesatuan dan perpaduan yang seimbang, serasi, dan selaras di antara seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

8. Identifikasi tujuan nasional dari wawasan Nusantara!
Jawaban: Wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional, yaitu wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan, dan kewilayahan.
kalau engak salah.

9. Tulislah bunyi pasal 30 ayat (1) UUD 1945!
Jawaban: Untuk mengetahui Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam pasal 30 UUD 1945 saya akan menjelaskan isi dari pasal ini.pasal ini terdiri dari 5ayat yaitu: **Pasal 30 ayat 1 UUD 1945: “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

10. Menurut pemahaman Anda, bagaimana hubungan antara ketahanan nasional dan kesejahteraan rakyat?
Jawaban: Hubungan antara ketahanan nasional dan kesejahteraan rakyat adalah : jika rakyat sejahtera maka derajat kehidupan rakyat tersebut akan bertambah yang mengakibatkan negara menjadi kuat secara ekonomi dan ketahanan nasional.
berbanding lurus ketahanan nasional dengan kesejahteraan rakyat.