Soal Essay Pelanggaran Hak Dan Kewajiban, Beserta Jawabannya

KASUS PELANGGARAN HAK DAN PENGINGKARAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA

Berikut ini , Soal LKS Essay PKN Kurikulum2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10

1. Analisislah hubungan antara pengingkaran kewajiban dan pelanggaran Hak?
Jawaban: Pengingkaran Kewajiban itu berdampak pada pelanggaran hak. contohnya ketika kita menerobos lampu merah ( seharusnya kita menaati peraturan lalu lintas sebagai kewajiban kita ) maka kita telah melanggar hak orang lain yang menggunakan jalan raya juga. Bisa jadi dengan kita melanggar lalu lintas akan terjadi kecelakaan yang melibatkan orang lain.

2. Kemukakan salah satu bentuk pengingkaran kewajiban pemerintah serta dampak bagi kehidupan Rakyat!
Jawaban: Salah satu bentuk pengingkaran pemerintah contoh nya seperti kekurangannya dana yang di keluarkan untuk peserta Didik yang seharusnya mendapatkan pendidikan yang layak. Dampaknya mengurangi peserta Didik yang akan meneruskan negara ini menjadi lebih maju.

3. Apakah anda pernah melakukan pengingkaran kewajiban pemerintah sebagai warga negara?
Jawaban: Saya naik mobil tidak menggunakan sabuk pengaman resiko yg saya hadapi itu kena tilang polisi saya menyesal karena dapat menggangu keselamatan kita dan orang lain.

4. Berikan pendapat anda mengenai bagaimana cara mengurangi jumlah pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban!
Jawaban: Caranya adalah, dengan saling menghormati hak antara manusia yang satu dengan yang lainnya. selain itu juga melaksanakan kewajiban secara ikhlas tanpa paksaan/menginginkan jasa timbal. Dan Dengan memberikan hukuman yg seberat beratnya dan mensosialisasikan btapa pentingnya hak dan kewajiban dan juga mnyeimbangkan antara hak dan kewajiban.

5. Kemukakan peran serta anda sebagai pelajar dalam rangka penegakan hak dan kewajiban warga negara!
Jawaban: Hak sebagai pelajar mendapatkan kebebasan untuk belajar dan mendapatkan fasilitas yang memadai dalam belajar.
kewajiban sebagai pelajar yaitu ikut serta dalam membangun masyarakat yang akademis dan mempelajari apa yang diperlukan untuk membangun negara.

6. Analisislah hubungan antara warga negara dan negara!
Jawaban: Warga negara adalah salah satu yang penting bagi negara karena tanpa warga negara negar tersebut tidak berkembang atau maju.
warga negara juga sangat berpengaruh pada perkembangan negara.

7. Berikan contoh hak dan kewajiban warga negara dalam aspek ekonomi!
Jawaban:
1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum.
2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama dimata hukum dan di dalam pemerintahan.
4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk, dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang di percayai.
5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran.

8. Kemukakan cara anda mencapai keseimbangan antara hak dan kewajiban sebagai seorang pelajar!
Jawaban:Dalam mencapai keseimbangan antar hak dan kewajiban sebagai seorang pelajar ialah..
hak sebagai pelajar : mendapatkan pendidikan terbaik oleh pendidik, mendapatkan fasilitas terbaik dari institusi/sekolah tersebut (disesuiakan), mendapatkan solusi dari pengajar (BK) jika terjadi masalah dalam belajar atau lainnya yang terkait di sekolah, dsb
kewajiban sebagi pelajar : mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik, mengerjakan tugas yang diberikan tugas oleh guru dengan baik, menaati segala peraturan institusi/sekolah yang berlaku, membayar iuran sekolah (disesuaikan), dsb.

9. Identifikasi beberapa hal yang dimiliki oleh negara!
Jawaban:
A) Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum.
b) Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.   c) Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan.
d) Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai.

10. Kemukakan apa yang terjadi jika masyarakat selalu menuntut haknya tanpa menyadari kewajibannya!
Jawaban: Akan terjadinya kerusuhan, dikarenakan hanya menuntut hak tanpa menyadari kewajiban. Seperti para karyawan yang selalu menuntut gaji besar tanpa memperbaiki kewajibannya dengan bekerja yang baik.