Soal Essay&Jawaban Fungsi (Jamur

Fungsi (Jamur)

Berikut ini, Soal Essay Biologi Kurikulum 2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/MTs/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10

1. Jelaskan yang dimaksud dengan miselium?
Jawaban: Miselium (jamak: Miselia) adalah bagian Jamur Multiseluler yang dibentuk oleh kumpulan beberapa Hifa. Sebagian Miselium berfungsi sebagai penyerap makanan dari Organisme lain atau sisa-sisa organisme. Miselium yang menyerap makanan di sebut Miselium vegetatif.

2. Bagaimana ciri-ciri umum Jamur?
Jawaban: Ciri-ciri umum fungi (jamur) antara lain:
1. Organisme eukariotik, karena mempunyai membran inti.
2. Dinding selnya terdiri dari zat kitin.
3. Tidak memiliki klorofil.
4. Bersifat heterotrof (saprofit, parasit, atau simbiotik).
5. Tubuhnya ada yang uniseluler dan ada juga yang multiseluler. Fungi multiseluler tersusun atas benang-benanghifa membentuk anyaman yang disebut miselium. Hifa ada yang bersekat (septum) ada yang tidak bersekat (aseptum) sehingga mempunyai banyak inti yang disebut senositik.

3. Sebutkan dan Jelaskan tiga struktur juga pada jamur?
Jawaban:
1) Stolon : hifa yang membentuk jaringan pada permukaan substrat.
2) Rizoid : hifa yang menembus substrat (seperti akar) yang berfungsi menyerap makanan.
3) Sporangiofor : hifa yang tumbuh tegak pada permukaan substrat dan memiiki globuler di ujungnya.
semoga membantu!!

4. Bagaimana Jamur Bereproduksi secara seksual?
Jawaban: Reproduksi Jamur dapat berkembang biak dengan cara aseksual dan seksual. Perkembangan secara aseksual dilakukan dengan pembelahan sel (fragmentasi) dan pembentukan spora. Pembentukan spora berfungsi untuk menyebarkan spesies dalam jumlah besar.
Spora jamur dibedakan menjadi dua, yaitu spora aseksual dan spora seksual. Spora aseksual membelah secara mitosis dan spora seksual membelah secara meiosis. Contoh spora aseksual adalah zoospora, endospora, dan konidia.

5. Sebutkan manfaat dari jamur tempe!
Jawaban: Kemampuan menghasilkan antibiotik alami yang secara khusus dapat melawanbakteri gram positif, biosintesa vitamin-vitamin B, kebutuhannya akan senyawa sumber karbondan nitrogen, perkecambahan spora, dan penetrisi miselia jamur tempe ke dalam jaringan biji kedelai.

6. Bagaimana ciri-ciri Jamur golongan Basidiomycota?
Jawaban:
1. Hifanya bersekat, mengandung inti haploid.
2. Mempunyai tubuh buah yang bentuknya seperti payung yang terdiri dari bagian batang dan tudung
3. Pada bagian bawah tudung tampak adanya lembaran-lembaran (bilah) yang merupakan tempat terbentuknya basidium.
4. Tubuh buah disebut basidiokarp
5.Ada yang brsifat parasit, saprofit, dan ada yang bersimbiosis dengan ganggang hijau dan ganggang biru membentuk lumut kerak
6. Reproduksi secara seksual (dengan askospora) dan aseksual (konidia).

7. Bagaimana Jamur Ascomycota Bereproduksi?
Jawaban: Reproduksi aseksual pada Ascomicotina uniseluler dilakukan dengan membentuk tunas. Pembentukan tunas (Blastophora) pada Ascomicotina uniseluler diawali dengan dinding sel menonjol keluar membentuk tunas kecil. Nukleus dalam sel induk membelah dan satu nukleus bergerak ke dalam sel tunas. Sel tunas kemudian memisahkan diri dari sel induk untuk menjadi individu baru. Akan tetapi, kadang-kadang tunas tetap melekat pada sel induknya membentuk rantai sel yang disebut dengan hifa semu (pseudohifa).

8. Mengapa divisi Deuteromycota disebut fungsi imperfecti (jamur tidak sempurna)?
Jawaban: Deuteromycota adalah jamur yang
disebut fungi imperfecti (jamur tidak sempurna) karena belum diketahui reproduksi seksualnya. Jamur ini multiseluler dengan hifa bersekat dan bereproduksi vegetatif dengan konidiospora. Hidup jamur ini bersifat saprofit atau parasit. Hifa bersekat sekat dan tubuhnya mikroskopis.

9. Jelaskan yang dimaksud dengan Askokarp!
Jawaban: Askokarp adalah askomiset yang membentuk tubuh buah atau tubuh buah yang berisi askus(kantung).

10. Mengapa Jamur tidak digolongkan ke dalam kingdom Plantae?
Jawaban: Jamur/fungi dulunya dikelompokkan dalam kingdom plantae karena struktur tubuhnya yang hampir sama dengan tumbuhan. Dalam perkembangannya, fungi dipisahkan dari tumbuhan karena banyak hal yang berbeda. Salah satunya yang paling mendasar adalah tidak adanya KLOROFIL sehingga fungi tidak dapat membuat makanannya sendiri, seperti layaknya anggota pada kingdom plantae. Itu artinya, fungi bukanlah autotrof seperti tumbuhan, melainkan heterotrof. Itulah sebabnya dibentuk kingdom baru untuk anggota – anggota fungi.

Baca Juga : Soal Pilihan Ganda Kingdom Monera