Soal Essay dan Jawaban Sistem Pertahanan Tubuh

Sistem Pertahanan Tubuh

Berikut ini, Soal Essay Biologi Kurikulum 2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/MTs/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10
1. Apakah yang dimaksud dengan Imunisasi?
Jawaban: Vaksinasi disebut juga imunisasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tersebut. Kata vaksinasi berasal dari bahasa Latin vacca yang berarti sapi – diistilahkan demikian karena vaksin pertama berasal dari virus yang menginfeksi sapi (cacar sapi).

2. Jelaskan perbedaan antara imunisasi aktif dan imunisasi pasif!
Jawaban:
A. Imunisasi aktif adalah pemberian kuman atau racun kuman yg sudah di lemahkan/dimatikan dengan tujuan untuk merangsang tubuh memproduksi antibodi.
B. Imunisasi pasif adalah penyuntikan sejumlah antibodi,sehingga kadar antibodi dalam tubuh meningkat.

3. Apa yang anda ketahui tentang Vaksin?
Jawaban: Vaksin (dari kata vaccinia, penyebab infeksi cacar sapi yang ketika diberikan kepada manusia, akan menimbulkan pengaruh kekebalan terhadap cacar), adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus, sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi oleh organismealami atau “liar”.

4. Disebabkan oleh apakah penyakit AIDS?
Jawaban: HIV merupakan singkatan dari “Human Immunodeficiency Virus”. … Jika sistem kekebalan tubuh seseorang telah dirusak oleh virus, maka akan mengembangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Ini berarti mereka akan mendapatkan infeksi dan penyakit yang mana tubuh mereka biasanya bisa melawan.

5. Mengapa balita sering mengalami demam setelah pemberian Vaksin?
Jawaban: Karena vaksin merupakan virus yg telah dikristalkan dan di non aktifkan dg tujuan untuk memancing metabolisme tubuh agar membntuk pertahanan jika sewaktu-waktu si bayi terserang virus. Sehingga saat virus yg sebenarnya dtang dan menyerang si bayi, metabolisme tubuh siap untuk menghadapi virus.

6. Apakah yang dimaksud dengan respons spesifik dan respons nonspesifik?
Jawaban:
– Respon imun spesifik : Menghancurkan senyawa asing yang sudah dikenalnya.
–  Respon imun nonspesifik : Lini pertama terhadap sel sel atipikal (sel asing, mutan yang cedera) Mencakup : Peradangan, interferon, sel NK dan sistem komplemen

7. Jelaskan bahwa antibodi dapat membunuh bibit penyakit?
Jawaban: Antibiotika adalah senyawa kimia yang dibuat untuk melawan bibit penyakit, khususnya kuman. Ada beragam jenis kuman, ada kuman yang besar, ada yang kecil, dengan sifat yang beragam pula.
Mekanisme kerja antibodi dalam melawan antigen dan membunuh bibit penyakit dengan beberapa cara, antara lain:
–  Aglutinin : menggumpalkan antigen.
–  Presipitin : mengendapkan antigen.
–  Opsonin : mengaktifkan monosit untuk memakan antigen dengan fagositosis.
–  Lisis : menghancurkan antigen.
–  Antitoksin : menawarkan racun dari antigen.

8. Bagaimana cara memperoleh kekebalan aktif buatan?
Jawaban: Caranya memasukan pathogen yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh. Dalam bahasa sehari hari kita mengenalnya dengan istilah vaksin.

9. Jelaskan struktur antibodi!
Jawaban: Struktur antibodi adalah molekul protein berbentuk Y yang menampilkan dua dua rantai polipeptida ringan dan berat. Satu struktur antibodi Y dapat divisualisasikan dipecah sebagai V berdiri di huruf L kecil dengan garis di kedua tepi luar dan sejajar dengan V. huruf kecil L, yang dikenal sebagai wilayah Fc antibodi, termasuk dua rantai polipeptida berat , yang naik ke atas untuk membentuk V, atau daerah Fab. Garis dalam V adalah ujung rantai berat, sedangkan garis terluar adalah rantai polipeptida ringan.

10. Mengapa pemberian Vaksin harus diulang setelah beberapa lama?
Jawaban: Pemberian vaksin akan memberikan antibodi bagi
anak. Setelah diivaksin, antibodi anak akan naik, Tapi suatu saat, antibodi itu akan turun.
pada saat antibodi turun atau
hampir habis, harus divaksin lagi
agar antibodi yang turun itu bisa kembali
baik. Itulah mengapa, vaksinasi ulangan
sangat penting.