Soal Essay Dakwah Rasulullah Saw di Mekah dan Jawaban

Meneladani Perjuangan Rasulullah Saw di Mekah

Berikut ini , Soal LKS Essay PAI (Pendidikan Agama Islam), Kurikulum 2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10
1. Bagaimana kehidupan masyarakat Mekah sebelum datangnya Islam?
Jawaban: Sebelum Islam datang, bangsa Arab telah menganut berbagai macam agama, adat istiadat, akhlak dan peraturan-peraturan hidup. Ketika agama Islam datang, agama baru ini pun membawa pembaruan di bidang akhlak, hukum, dan peraturan-peraturan tentang hidup. Dengan demikian, bertemulah agama Islam dengan agama-agama jahiliah atau peraturan-peraturan Islam dengan peraturan-peraturan bangsa Arab sebelum Islam. Kemudian, kedua paham dan kepercayaan itu saling berbenturan dan bertarung dalam waktu yang lama.

2. Siapakah orang yang sangat membenci Nabi Muhammad Saw, dan selalu berniat jahat kepada beliau?
Jawaban: ABU LAHAB DAN ABU JAHAL

3. Apa latar Nab Muhammad Saw. Menyendiri di Gua Hiro?
Jawaban: Sebetulnya apa yang dilakukan Rasulullah SAW. di goa Hiro’ itu secara bahasa bisa dikatakan sebagai mengheningkan diri (kholwat) atau I’tikaf. Karena beliau berdiam diri di suatu tempat dan menjauhi serta memutuskan hubungan denga hal yang sifatnya duniawi.
Rasulullah SAW. pergi ke goa Hiro’ itu untuk menyendiri, menjauhi hiruk-pikuk kejahiliyahan, lalu melakukan ibadah di sana dengan cara ibadah yang telah disyari’atkan kepada Nabi lbrahim. Dan itu pun beliau mulai sejak mendapatkan wahyu melalui mimpi-mimpi yang benar. Beliau tidaklah bermimpi pada malam hari, kecuali pagi harinya terbukti apa yang beliau mimpikan tersebut.

4. Sebutkan sebab-sebab kaum Quraisy menentang dakwah Rasulullah Saw!
Jawaban:
Karena Kaum Quraisy Tidak Percaya Bahwa Allah Itu Ada Dan Mereka Menjadikan Berhala Untuk Disembah Pada Saat itulah nabi kita mengajak kaum tersebut untuk menyembah allah namun kaum quraisy menentang ajakan tersebut.

5. Bagaimana Rasulullah Saw. Melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi?
Jawaban: Nabi Muhammad Saw melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi atau rahasia (sirriyah) dengan pendekatan personal. Hal ini disebabakan pendekatan personal memiliki keterkaitan batin serta interaksi emosional antara pengajak dan yang diajak. pendekatan personal ini Nabi Muhammad Saw telah menggabungkan antara ikhtiar dan tawakal. Artinya Nabi dalam berdakwah memperhatikan situasi dan kondisi yang ada.
Nabi Muhammad melaksanakan dakwah secara sembunyi-sembunyi atau rahasia (sirriyah) selama 3 tahun. Pertama-tama, Nabi menawarkan Islam kepada orang-orang terdekat, keluarga besar serta Sahabat-Sahabat karib beliau. Mereka diajak untuk memeluk Islam.

6. Jelaskan secara singkat peristiwa diangkatnya Muhammad menjadi Nabi!
Jawaban: Allah SWT mengangkat Muhammad SAW sebagai nabi dan Rasul-Nya yang terakhir pada tanggal 17 Ramadan, 13 tahun sebelum hijrah atau 610 M tatkala beliau (Muhammad) sedang bertahannus di Gua Hira. Pengangkatan Muhammad ditandai dengan turunnya Malaikat Jibril untuk memberikan wahyu yang pertama berupa Al-Qur’an Surah Al-‘Alaq, 96: 1-5. Peristiwa ini dinamakan Nuzul Al-Qur’an.

7. Bagaimana strategi dakwah Rasulullah Saw. Periode Mekah?
Jawaban:
a. Dakwah secara sembunyi-sembunyi selama 3-4 tahun, dimana pada masa dakwah ini, Rasulullah SAW menyeru untuk masuk Islam orang-orang yang berada di lingkungan rumah tangganya sendiri dan kerabat serta sahabat dekatnya.
b. Dakwah secara terang-terangan yang dimulai sejak tahun ke-4 dari kenabian Rasulullah, yakni setelah turunnya wahyu yang berisi perintah Allah SWT agar dakwahnya dilaksanakan secara terang-terangan.

8. Sebutkan pokok-pokok ajaran Nabi Muhammad Saw. Di Mekah!
Jawaban:
Ajaran Islam periode Mekah, yang harus didakwahkan Rasulullah SAW di awal kenabiannya adalah sebagai berikut:
a. Keesaan Allah SWT
b. Hari Kiamat sebagai hari pembalasan
c. Kesucian jiwa
d. Persaudaraan dan Persatuan

9. Sebutkan pokok-pokok isi perjanjian Aqabah 2 !
Jawaban: Adapun Isi Perjanjian Aqabah kedua ini adalah:
1. Penduduk Yatsrib siap dan bersedia melindungi Nabi Muhammad saw.
2. Penduduk Yatsrib ikut berjuang dalam membela Islam dengan harta dan jiwa.
3. Penduduk Yatsrib ikut berusaha memajukan agama Islam dan menyiarkan kepada sanak saudara mereka.
4. Penduduk Yatsrib siap menerima segala resiko dan tantangan.

10. Sebutkan sikap tangguh yang dapat Anda terapkan sebagai implementasi penerapan perilaku mulia!
Jawaban:
1. Senang membaca buku-buku pengetahuan sebagai bukti cinta ilmu
2. Selalu ingin mencari tahu tentang alam semesta, baik di langit maupun di bumi, dengan terus menelaahnya.
3. Meyakini bahwa alam semesta ini diciptakan oleh Allah untuk manusia. Oleh karena itu, manusia harus merasa haus untuk terus menggali ilmu pengetahuan.
4. Rendah hati atas kesuksesan yang diraihya dan tidak merasa rendah diri dan malu terhadap kegagalan yang dialaminya.