Soal Essay dan Jawaban Iman Kepada Hari Akhir

Iman Kepada Hari Akhir

Berikut ini , Soal LKS Essay PAI (Pendidikan Agama Islam), Kurikulum 2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10
1. Jelaskan yang dimaksud Iman Kepada Hari Akhir!
Jawaban: Iman kepada hari akhir adalah pengertian iman kepada hari kiamat yaitu percaya dan yakin bahwa seluruh alam semesta dan isinya akan hancur suatu saat nanti dan setelah itu akan ada kehidupan yang kekal (akhirat).

2. Sebutkan salah satu Dalil tentang Hari Akhir?
Jawaban:
وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ
Artinya: Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).
(Q.S Az-Zumar 68).

3. Sebutkan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan hari akhir!
Jawaban:
1. Alam Barzakh
2. Yaumulbaas
3. Yaumulmahsyar
4. Yaumulmizan
5. Yaumulhisab

4. Jelaskan yang dimaksud kiamat Sugra!
Jawaban:  Kiamat Sughra adalah kiamat kecil yang sering terjadi dalam kehidupan manusia yaitu kematian. Setelah mati roh seseorang akan berada di alam barzah atau alam kubur yang merupakan alam antara dunia dan akhirat. Kiamat sughra sudah sering terjadi dan bersifat umum atau biasa terjadi di lingkungan sekitar kita.

5. Jelaskan yang dimaksud dengan  kiamat Kubra!
Jawaban: Kiamat kubra adalah kiamat yang mengakhiri kehidupan di dunia ini karena hancurnya alam semesta beserta isinya. Setelah kiamat besar maka manusia akan menjalani alam setelah alam barzah / alam kubur.

6. Sebutkan Hikmah Beriman kepada Hari Akhir!
Jawaban:
1. Tidak akan meniru pola hidup orang kafir (yang tidak beriman).
2. Selalu beramal sholeh dan meningkatkan ketakwaan.
3. Selalu berbuat baik dan benar.
4. Mau berjihad dijalan Allah dengan jiwa dan harta.
5. Tidak bakhil (kikir) dalam berinfaq.
6. Memiliki kesabaran dalam kebenaran dan ketika tertimpa musibah.

7. Apa yang anda ketahui tentang Yaumurajifah?
Jawaban: Yang dimaksud yaumul rajifah adalah hari dimana gempa yang sangat besar di seluruh penjuru dunia.

8. Apa yang anda ketahui tentang Yaumuzalzalah?
Jawaban: Hari keguncangan atau keruntuhan Bumi semesta.

9. Jelaskan apa yang dimaksud Alam Barzakh?
Jawaban: Barzakh (bahasa Arab برزخ) adalahalam kubur (alias Syeol) yang membatasi antara dunia dan akhirat.Barzakh menjadi tempat persinggahan sementara jasad makhluk sampai dibangkitkannya pada hari kiamat. Penghuni barzakh berada di tepi dunia (masa lalu) dan akhirat (masa depan).

10. Jelaskan yang dimaksud Yaumulbaas?
Jawaban: Yaumul Baats adalah suatu saat di mana semua mahluk yang bernyawa dan berakal akan dibangkitkan setelah mengalami kematian atau kiamat. Semua manusia pasti akan dihidupkan dan dibangkitkan kembali oleh Allah swt. untuk dimintai pertanggungjawabannya selama hidup di dunia.