Soal Essay Jawaban Prinsip dan Praktik Ekonomi Dalam Islam

Prinsip dan Praktik Ekonomi Dalam Islam

Berikut ini , Soal LKS Essay PAI (Pendidikan Agama Islam), Kurikulum 2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay
1. Tuliskan pengertian riba dan macam-macamnya!
Jawaban:  Riba adalah bunga uang atau nilai lebih atas penukaran barang. Hal ini sering terjadi dalam pertukaran bahan makanan, perak, emas, dan pinjam-meminjam.
1. Riba Fadli
2. Riba Qord
3. Riba Yadi
4. Riba Nasi’ah

2. Tuliskan tiga contoh jual-beli yang dianggap baṭil!
Jawaban:
1.Jual beli barang yang tidak halal dan tidak suci.
2.  Haram menjual arak dan bangkai, begitu juga babi danberhala, termasuk lemak bangkai tersebut
3. Menjual barang yang tidak dapat diserah terimakan. Contohnya, menjual ikan dalam laut atau barang yang sedang dijadikan jaminan sebab semua itu mengandung tipu daya.
4. Menjual barang yang bukan milik sendiri kecuali diberi kuasa.

3. Tuliskan pengertian syirkah dan macam-macamnya!
Jawaban:  Secara bahasa, kata syirkah (perseroan) berarti mencampurkan dua bagian atau lebih sehingga tidak dapat lagi dibedakan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya. Menurut istilah, syirkah adalah suatu akad yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang bersepakat untuk melakukan suatu usaha dengan tujuan memperoleh keuntungan.
1) Syirkah ‘Inan
2) Syirkah ‘Abdan
3) Syirkah Wujuh
4) Syirkah Mufawadah

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan syirkah wujuh dan berikan contohnya!
Jawaban: Syirkah wujuh adalah kerja sama karena didasarkan pada kedudukan, ketokohan, atau keahlian (wujuh) seseorang di tengah masyarakat. Syirkah wujuh adalah syirkah antara dua pihak yang sama-sama memberikan kontribusi kerja (amal) dengan pihak ketiga yang memberikan konstribusi modal (mal).
Contohnya: A dan B adalah tokoh yang dipercaya pedagang. Lalu A dan B bersyirkah wujuh dengan cara membeli barang dari seorang pedagang secara kredit. A dan B bersepakat bahwa masing-masing memiliki 50% dari barang yang dibeli. Lalu, keduanya menjual barang tersebut dan keuntungannya dibagi dua. Sementara harga pokoknya dikembalikan kepada pedagang.

5. Kemukakan perbedaan antara perbankan konvensional dan perbankan syari’ah!
Jawaban: Bank konvensional Bank konvensional ialah bank yang fungsi utamanya menghimpun dana untuk disalurkan kepada yang memerlukan, baik perorangan maupun badan usaha, guna mengembangkan usahanya dengan menggunakan sistem bunga. Sedangkan bank syari’ah sistem bagi hasil atau bank yang menjalankan operasinya menurut syariat Islam. Istilah bunga yang ada pada bank konvensional tidak ada dalam bank Islam. Bank syariah menggunakan cara yang bersih dari riba.