Soal Essay Mempertahankan Kejujuran Sebagai Cermin Kepribadian dan Jawabannya

Mempertahankan Kejujuran Sebagai Cermin Kepribadian

Berikut ini , Soal LKS Essay PAI (Pendidikan Agama Islam), Kurikulum 2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10

1. Apa yang dimaksud Jujur?
Jawaban: Pengertian Jujur adalah suatu prilaku yang mencerminkan adanya kesesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan. Apa yang diniatkan oleh hati, diucapkan oleh lisan atau mulut kita dan di gambarkan dalam perbuatan memang itulah yang sesungguhnya terjadi dan sebenarnya.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan disiplin?
Jawaban: Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan.

3. Apa yang dimaksud dengan adil?
Jawaban: Pengertian adil adalah dimana semua orang mendapat hak menurut kewajibannya. Sebagian besar orang mendefenisikan kata ADIL adalah suatu sikap yang tidak memihak atau sama rata, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang, tidak ada pilih kasih dan masih banyak lagi persepsi yang lainnya.

4. Apa yang dimaksud dengan bijaksana?
Jawaban:  bijaksana adalah bertindak sesuai dengan pikiran, akal sehat sehingga menghasilkan perilaku yang tepat, sesuai dan pas.

5. Apa yang dimaksud dengan damai?
Jawaban: Damai adalah sebuah harmoni dalam kehidupan alami antar manusia di mana tidak ada perseturuan ataupun konflik. Bisa diartikan juga tidak adanya kekerasan dan sistem keadilan berlaku baik dalam kehidupan pribadi, antar personal, maupun dalam sistem keadilan sosial politik lokal, menyeluruh, dan secara global.

Artikel terkait: 

Pengertian Jujur, (Siddiq) Secara Lengkap

Pengertian Amanah (Secara Lengkap)

6. Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab?
Jawaban: Tanggung Jawab adalah kesadaran diri manusia terhadap semua tingkah laku dan perbuatan yang disengaja atau pun tidak di sengaja. Tanggung jawab juga harus berasalah dari dalam hati dan kemauan diri sendiri atas kewajiban yang harus di tanggungjawabkan.

7. Manfaat dan Hikmah berprilaku Jujur!
Jawaban:
1) Dicintai oleh Allah Swt. dan rasul-Nya
2) Perasaan enak dan hati tenang, jujur akan membuat kita menjadi tenang, tidak takut akan diketahui kebohongannya karena memang tidak berbohong.
3) Selamat dari azab dan bahaya.
4) dapat pahala
5) Mendapatkan kemudahan dalam hidupnya.

8. Berikan contoh perilaku jujur yang Anda kerjakan!
Jawaban:
1.jika disuruh ibu/ayah belanja kita laksanakan tapi kalau uangnya lebih saat membayar atau susuk(dalam jawa)kita berikan uangnya kepada ayah/ibu dengan banar tidak dikurangi untuk jajan
2.jika kita bermain kasti atau bola kena kaca kita bilang sebenarnya kepada pemilik rumah
3.jika kita memecahkan benda milig orang tua,teman,sodara kita bilang JUJUR saya yang memecahkanya

9. Berikan contoh perilaku jujur dalam perbuatan!
Jawaban: Ketika mengerjakan ulangan, saya berperilaku jujur yaitu mengerjakan sesuai kemampuan, tidak menyontek pada teman.

10. Tuliskan ayat Alquran yang berkaitan dengan perilaku jujur!
Jawaban:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ
“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. At Taubah: 119).