Soal Essay Berpikir Kritis dan Bersikap Demokratis dengan Jawaban

Berpikir Kritis dan Bersikap Demokratis

Berikut ini , Soal LKS Essay PAI (Pendidikan Agama Islam), Kurikulum 2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10
1. Jelaskan mana berpikir kritis!
Jawaban: Sifat ini adalah sikap dan perilaku yang berdasarkan data dan fakta yang valid (sah) serta argumen yang akurat. Warga negara yang demokrat hendaknya selalu bersikap kritis, baik terhadap kenyataan empiris (realitas sosial, budaya, dan kepercayaan). Sikap kritis juga harus ditujukan pada diri sendri. Sikap kritis pada diri sendiri itu tentu disertai sikp kritis terhadap pendapat yang berbeda. Tentu sikap kritis ini harus didukung oleh sikap yang bertanggung jawab terhadap apa yang dikritisi.

2. Jelaskan Makna Demokrasi!
Jawaban: Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. Sedangkan jimly asshiddiqie mengatakan bahwa demokrasi dalam perspektif horizontal mencakup: adanya pengkauan terhadap pluralitas, adanya aturan yang mengikat dan di jadikan rujukan bersama, adanya pembatasan kekuasaan, dan lain-lainya.

3. Rasulullah Saw. Sebagai pemimpin sering mengajak para sahabat untuk menyelesaikan masalah sebutkan Contohnya!
Jawaban: Rasulullah saw. sebagai pemimpin sering mengajak para sahabat untuk menyelesaikan masalah, misalnya dalam mengatur strategi memenangkan perang, menyelesaikan bahan perang, dan menentukan tempat ibadah.

4. Apa arti dari kadar ” Fa’fu Anhum” ?
Jawaban: Maafkanlah mereka

5. Tuliskan dan terjemahkan surah Ali-Imran ayat 190!
Jawaban:
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ
Artinya: Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.

6. Apa saja keutamaan Musyawarah?
Jawaban:
1. Menyelesaikan masalah dengan keputusan yang kuat.
2. Tidak akan menimbulkan penyesalan
3. Melatih menyuarakan pendapat
4. Menyelesaikan masalah secara adil
5. Menyatukan perbedaan

7. Mengapa seorang muslim harus bertawakal kepada Allah Swt. Atas hasil keputusan musyawarah?
Jawaban: Karena manusia hanya bisa berikhtiar sedangkan hasil yang menentukan hanya Allah Swt. semata dan dampaknya jika bertawakal, hati akan menjadi tenang.

8. Bagaimana pandangan ajaran Islam dan sistem demokrasi Terhadap keputusan musyawarah?
Jawaban: Menurut saya pandangan Islam sangat menerima adanya sistem musyawarah, terlebih lagi pada zaman Rasulullah, pemilihan para pemimpin juga melalui jalur musyawarah tapi perlu di tekankan lagi bahwa cara musyawarahnya bukan melihat siapa yg mayoritas maupun minoritas tetapi jalan terbaiklah yang akan di pilih.

9. mengapa dalam musyawarah kita dianjurkan untuk saling bermanfaat?
Jawaban: Saling bermaafan merupakan perintah agama, apalagi dalam bermusyawarah, agar tidak terjadi kesalahan pemahaman di antara sesama anggota serta menjaga situasi tetap aman dan tenteram tidak ada perasaan dengki, dendam, dan sebagainya.

10. Tunjukan salah satu bukti bahwa musyawarah hal yang sangat penting dalam Islam?
Jawaban:
فبما رحمة من الله لنت لهم، ولو كتن فظا غليظ القلب لانفضوا من حولك، فاعف عنهم واستغفرلهم وشاورهم فى الأمر، فإذا عزمت فتوكل على الله، ان الله يحب المتوكلين(ال عمران:١٥٩)

Artinya: Maka berkat rahmat allah engkau(muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada allah. sungguh, allah mencintai orang yang bertawakal (Q.S ali imran:159)