Soal Essay dan Jawaban Meraih Kasih Allah Swt Dengan Ihsan

Meraih Kasih Allah Swt Dengan Ihsan

Berikut ini , Soal LKS Essay PAI (Pendidikan Agama Islam), Kurikulum 2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10
1. Jelaskan pengertian Ihsan Menurut Bahasa?
Jawaban: Menurut bahasa ihsan artinya berbuat baik atau membuat kebaikan.

2. Jelaskan pengertian Ihsan menurut Istilah?
Jawaban: Menurut istilah ihsan adalah menyembah allah seolah olah melihatnya,apabila tidak dapat maka berkeyakinan bahwa allah maha melihat.

3. Sebutkan salah satu dalil yang menyuruh untuk berbuat Ihsan!
Jawaban:
وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِنْكُمْ وَأَنْتُمْ مُعْرِضُونَ
Artinya: Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling. (Q.S Al-Baqarah 83).

4. Bagaimanakah kita berperilaku Ihsan kepada Allah Swt?
Jawaban: Ihsan kepada Allah adalah ketika anda menyembah atau bersujud kepada Allah seolah-olah anda melihat-NYA, dan jika anda tak mampu membayangkan-NYA, maka anda yakin jika Allah selalu melihat segala sesuatu yang anda perbuat. Tingkatan ihsan ini merupakan tingkatan yang paling tinggi karena sikap ihsan tersebut berawal dari sikap membutuhkan, mengharapkan serta merindukan Allah. Orang yang telah memiliki sikap ihsan dalam menyembah Allah biasanya selalu merasakan hatinya terang dengan adanya cahaya iman yang melingkupinya.

5. Sebutkan yang termasuk ibadah Mahdah (Ibadah Khusus)!
Jawaban: Ibadah Mahdhah  atau Ibadah Khusus
Yang dimaksud dengan ibadah mahdhah adalah hubungan manusia dengan Tuhannya, yaitu hubungan yang akrab dan suci antara seorang muslim dengan Allah SWT yang bersifat ritual (peribadatan), Ibadah mahdhah merupakan manifestasi dari rukun islam yang lima. Atau juga sering disebut ibadah yang langsung.  Selain itu juga ibadah mahdhah adalah ibadah yang perintah dan larangannya sudah jelas secara zahir dan tidak memerlukan penambahan atau pengurangan.
Jenis ibadah yang termasuk ibadah mahdhah, adalah :
A.    Shalat
B. Zakat
C. Puasa
D. Ibadah Haji
E. Umrah

6. Mengapa kita harus berlaku Ihsan kepada sesama ciptaan Allah Swt?
Jawaban: Perilaku Ihsan adalah puncak ibadah dan akhlak yang senantiasa menjadi target seluruh hamba Allah SWT. Sebab, perilaku ihsan menjadikan kita sosok yang mendapatkan kemuliaan dari-Nya.
Sebaliknya, seorang hamba yang tidak mampu mencapai target ini akan kehilangan kesempatan yang sangat mahal untuk menduduki posisi terhormat di mata Allah swt. Rasulullah saw. pun sangat menaruh perhatian akan hal ini, sehingga seluruh ajaran-ajarannya mengarah kepada satu hal, yaitu mencapai ibadah yang sempurna dan akhlak yang mulia.

7. Jelaskan cara berlaku Ihsan terhadap binatang yang akan disembelih!
Jawaban:
– Menyembelih dengan cara baik
– Tidak menyiksa
– Menggunakan Pisau yang tajam

8. Jelaskan cara berlaku Ihsan terhadap Alam Sekitar!
Jawaban:
– Memanfaatkan secara bertanggung jawab.
– Menjaga kelestariannya
– Tidak merusaknya

9. Berlaku Ihsan kepada Allah Swt. Mengandung dua tingkatan, sebutkan!
Jawaban:
A. Beribadah kepada Allah Swt. Seakan-akan melihatnya.
B. Beribadah dengan penuh keyakinan bahwa Allah Swt, Melihatnya

10. Sebutkan Hikmah Berperilaku Ihsan!
Jawaban:
1. Mendapatkan ridho Allah Ta’ala.
2. Mendapatkan balasan (pahala) dari Allah Ta’ala.
3. Disayangi oleh kedua orang tua.
4. Mendapatkan hormat dari orang lain.
5. Dihormati atau dihargai orang-orang sekitar.