Soal Essay Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Jawabannya

PEMERINTAH NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Berikut ini , Soal Essay LKS PKN Kurikulum2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10

1. Berikan pemahaman Anda mengenai alasan pemerintah negara Indonesia dibagi menjadi pemerintah pusat dan daerah!
Jawaban: memudahkan/meringankan beban pemerintah pusat untuk mengelola semua daerah yg ada di indonesia, meningkatkan pelayanan masyarakat, dengan adanya perda, perda jadi lebih mengetahui keperluan masyarakatnya, dan perda merupakan penyerahan wewenang dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah (daerah otonom) atau kata lainnya “desentralisasi”.

2. Salah satu hak yang dimiliki oleh daerah adalah mengelola kekayaan daerah. Terangkan pemahaman Anda mengenai hak tersebut!
Jawaban: Mengelola kekayaan daerah merupakan salah satu dari perwujudan otonomi daerah. Setiap daerah berhak untuk mengelola kekayaannya untuk menyejaterahkan kehidupan rakyat daerahnya. Contohnya di bali, kekayaannya adalah sektor pariwisata. Bali menciptakan banyak lapangan pekerjaan untuk rakyatnya di sektor tersebut.

3. Menurut Anda, apakah pemerintah pusat tidak mempunyai wewenang untuk turut campur masalah daerah!
Jawaban: Berhak apabila daerah tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

4. Terangkan Otonomi Daerah!
Jawaban: Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Secara harfiah, otonomi daerah berasal dari kata otonomi dan daerah. Dalam bahasa Yunani, otonomi berasal dari kata autos dan namos. Autos berarti sendiri dan namosberarti aturan atau undang-undang, sehingga dapat diartikan sebagai kewenangan untuk mengatur sendiri atau kewenangan untuk membuat aturan guna mengurus rumah tangga sendiri. Sedangkan daerah adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah.

5. Terangkan menurut Anda mengenai upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi perekonomian rakyat di daerah!
Jawaban: Pemerintah daerah berupaya megembangkan potensi ekonomi bangsa dengan beberapa cara yaitu pemanfaatan SDA semaksimal mungkin di kawasannya , baik oleh perushaan-perusahaan maupun oleh perorangan dalam upaya ini pemerintah daerah juga membekali dengan pendidikan , bahkan bantuan berupa modal usaha untuk melancarkan perekonomian dalam daerahnya.

6. Mengapa Antara pemerintah pusat dan daerah harus ada hubungan kerja sama yang harmonis? Berikan penjelasan Anda!
Jawaban: Karena jika ada hubungan yang harmonis, maka tujuan utama adanya pemerintahan itu akan terlaksana. yaitu kesejahteraan masyarakat. jika misalnya tidak harmonis, bagaimana mungkin setiap keluhan atau kebutuhan masyarakat umum dapat terpenuhi kalau antara pemerintah pusat dan daerah tidak saling membicarakan hal apa yang harus dilakukan (tidak harmonis).

7. Berikan contoh pelaksanaan urusan ketentraman!
Jawaban: Upaya pemerintah daerah dalam menyelenggarakan trantibum (Ketentraman dan ketertiban umum) adalah dengan membentuk suatu target dan perencanaan kedepan. Penentuan target dadopsi untuk menetukan titik dimana suatu finish terselenggaranyaketentraman dan ketertiban umum  mayarakat. Penentuan titik ukur/garis akhir terselenggarannya trantibum tentu harus sesuai dengan program yang telah direncanakan oleh pemerintah daerah sendiri.

8. Berikan pemahaman Anda jika tidak terjadi hubungan kerja sama antara pusat dan daerah!
Jawaban: Jika tidak adanya hubungan kerjasama antara pusat dan daerah maka kedua pihak tidak akan maju dengan mudah, dan akan terjadi kerusakan komunikasi antara keduannya. lebih baik terjadi hubungan kerjasama karena dapat menimbulkan keuntungan yang banyak bagi keduanya.

9. Identifikasi hubungan antara pemerintah pusat dan daerah dalam bidang keuangan!
Jawaban:
a. Pemberian sumber-sumber keuangan  untuk   menyelenggarakan urusan pemerintahan  yang  menjadi  kewenangan  pemerintahan daerah
b.  Pengalokasian dana perimbangan kepada pemerintahan daerah;  dan
c.  Pemberian pinjaman dan/atau hibah kepada pemerintahan daerah.

10. Terangkan tujuan adanya perimbangan antara Kekuasaan pusat dan daerah!
Jawaban:
Tujuan dari perimbangan pusat dan daerah dapat kita lihat dalam Otonomi Daerah. Otonomi Daerah dimaksudkan untuk memberikan peranan daerah mengelola aset yang berada di daerah kekuasaannya.
Otonomi daerah sendiri berdasarkan fakta masa silam, yaitu pada masa Orde Baru/Soeharto yang mengelola pemerintahan secara sentralistik. pengelolaan sistem pemerintahan sentralistik dianggap memanjakan pusat (jakarta) dan menganktirikan daerah.
selain itu, otonomi daerah dilaksanakan untuk meminimalisir gerakan disintegrasi bangsa.