Soal dan Jawaban Tentang Ancaman Terhadap Integrasi Nasional dan Jawabannya

ANCAMAN TERHADAP NEGARA DALAM MEMBANGUN INTEGRASI NASIONAL

Berikut ini , Soal LKS Essay PKN Kurikulum2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10

1. Mengapa setiap warga negara wajib membela negara!
Jawaban: Karena warga negara itu tinggal di dalam suatu negara. kalau dia tidak membela negaranya sendiri , maka dia sama saja menghancurkan status warga negaranya.
dan juga di dalam UUD 1945, sudah tercantum pada pasal 27 ayat 3 (setelah diamandemen). yang berbunyi, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

2. Apakah yang dimaksud ketahanan Nasional!
Jawaban: Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkanketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar.

3. Apa yang dimaksud Hakikat Pertahanan Negara!
Jawaban: Hakikat pertahanan negara adalah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri.

4. Mengapa Sikap Apatis Rakyat terhadap pemerintah dapat dikategorikan sebagai ancaman?
Jawaban: Sikap apatis yg dapat dikategorikan ancaman adalah :
1. Tidak peduli jika ada negara lain yg mengklaim kesenian kita sebagai miliknya
2. Tidak ikut prihatin ketika slh satu pulau diambil negara tetangga
3. Lebih memilih menggunakan produk luar dr pada produk dlm negri
4. Melupakan bhs Indonesia yg benar
5. Tidak mau mempelajari kebudayaan.

5. Apa yang dimaksud dengan sistem pertahanan negara?
Jawaban:  Sistem Pertahanan Negara adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah

6. Sebutkan Fakotr penyebab terjadinya tawuran Antar Pelajaran di Indonesia!
Jawaban:
1. Faktor Keluarga
Biasanya pelajar yang mengikuti tawuran atau menjadi provokator terjadinya perkelahian antar sekolah memiliki keluarga yang broker,

2. Faktor Pergaulan
Pada sekolah biasanya terbentuk beberapa kelompok siswa, di mana ada kelompok siswa yang rajin, yang sering menjadi juara kelas, yang menjadi perwakilan sekolah dalam berbagai ajang lomba dan ada juga sekelompok siswa yang salah dalam pergaulan yang sering sekali melanggar norma-norma yang ada di sekolah.

3. Faktor Mental dan Gengsi
Siswa laki-laki yang biasanya mempunyai gengsi jika tidak mengikuti kegiatan yang satu ini, bagi siswa yang tidak ikut akan dianggap bahwa dia adalah siswa yang lemah, penakut, dan akan menjadi bahan ejekan bagi siswa yang lainnya.

4. Faktor Lingkungan
Keadaan urban dengan kondisi lingkungan di Indonesia yang di mana masyarakat nya banyak yang menengah ke bawah menjadi rentan akan kekerasan dan kejahatan. Lingkungan yang sering dirasakan oleh siswa di tempat tinggalnya sangat berpengaruh kepada siswa.

7. Mengapa tindakan/perilaku dari masyarakat dapat digolongkan sebagai ancaman terhadap integrasi nasional? Jelaskan menurut pemahaman Anda!
Jawaban: Masyarakat dalam suatu negara memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan suatu integrasi negara. jika masyarakat memiliki pandangan pandangan primodialisme atau etnosentrisme salah satunya maka akan mengancam keutuhan dari suatu negara. apalagi bagi negara seperti indonesia yang memiliki beragam suku budaya yang pastinya struktur masyarakatnya heterogen  maka dibutuhkan sikap toleransi dari setiap masyarakatnya. selain itu tindakan anarkis atau tindakan menyimpang lainnya akan berpengaruh pada keutuhan bangsa.

8. Tunjukanlah kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi perpecahan dalam masyarakat!
Jawaban:  Ada banyak berbagai upaya-upaya yang dilakukan seperti antara lain ;
1. Menciptakan kereativitas masyarakat dalam menyikapi suatu konflik
2. Melakukan perubahan sosial yang kondusif pada pasca konflik.
3. Membangun komitmen kebersamaan dalam kelompok yang pernah konflik.
4. Mencegah berulang lagi konflik yang dapat merugikan banyak pihak.
5. Meningkatan fungsi sosial kekeluargaan atas dasar kebersamaan sebagai nilai kearifan.

9. Sebutkan empat faktor yang menjadi pendorong integrasi Nasional!
Jawaban: Faktor-Faktor Pendorong Integrasi Nasional sebagai berikut:
1.      Faktor sejarah yang menimbulkan rasa senasib dan seperjuangan.
2.      Keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia sebagaimana dinyatakan dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.
3.      Rasa cinta tanah air di kalangan bangsa Indonesia, sebagaimana dibuktikan perjuangan merebut, menegakkan, dan mengisi kemerdekaan.
4.      Rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara, sebagaimana dibuktikan oleh banyak pahlawan bangsa yang gugur di medan perjuangan.
5.      Kesepakatan atau konsensus nasional dalam perwujudan Proklamasi Kemerdekaan, Pancasila dan UUD 1945, bendera Merah Putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, bahasa kesatuan bahasa Indonesia.

10. Setujukah anda apabila dinyatakan bahwa konflik antar negara (misalnya  DI timur Tengah) berpengaruh pada negara lain.
Jawaban: Setuju, Karena akan mempengaruhi dari Segi Ekonomi, Ketahanan Antar Negera.