Soal dan Jawaban Kekuasaan BPK Dan Kekuasaan Kehakiman

KEKUASAAN BPK DAN KEKUASAAN KEHAKIMAN

Berikut ini , Soal Essay LKS PKN Kurikulum2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

Soal Essay 1-10

1. Berikan alasan pentingnya konsitusi bagi negara!
Jawaban: Memperkuat rasa nasionalisme, patriotsme dan sebagai bentuk usaha yang diwujudkan dalam bentuk nyata untuk memajukan tanah air tercinta.

2. Apa yang dimaksud badan Independen?
Jawaban: Lembaga independen, adalah lembaga negara di Indonesia yang dibentuk oleh pemerintah pusat, namun bekerja secara independen. KomisiIndependen Pemilihan, adalah bagian dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berwenang menyelenggarakan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan/atsu Pemilihan Anggota DPR/DPRA/DPRK.

3. Terangkan tentang keuangan Negara!
Jawaban: Keuangan negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang ,serta segala sesuatu baik berupa uang maupun berupa barang yang dapat di jadikan milik negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut.

4. Terangkan perlunya badan independen di negara kita!
Jawaban: Perlunya badan Independen Yaitu untukmenjamin terlaksananya pemerintahan yang baik tanpa adanya pengaruh atau campur tangan pihak lain, baik dari kementrian, partai politik atau kepentingan lain.

5. Berikan Alasan pentingnya keuangan dalam Negara!
Jawaban: Karena keuangan negara menentukan pembangunan yg ada dinegara tersebut. keuangan negara juga menentukan kwalitas hidup masyarakatnya.

6. Sifat apakah yang harus dimiliki oleh aparat negara yang berwenang mengurusi masalah keuangan?
Jawaban:
– propesional dalam bekerja.
– Jujur
– transparan
– Bekerja keras

7. Terangkan pengertian asas Proporsionalitas!
Jawaban: Asas Proporsionalitas = adalah asasyang meletakkan segala kegiatan sesuai konteks dan tujuan kegiatan yang dilakukan oleh warga negara, institusi, maupun aparatur pemerintahan yang dilandasi oleh etika individual, etika sosial, dan etika institusional.

8. Mengapa setiap penyelenggaraan keuangan negara harus berpedoman pada asas-asas pengelolaan keuangan negara?
Jawaban: Jika tidak berpedoman pada asas asas tersebut, penyelenggara keuangan tersebut bisa saja memperlakukan uang tersebut semena mena, oleh karena itu, dibuatlah asas asas pengelolaan keuangan negara.

9. Terangkan pengertian keuangan negara menurut Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003!
Jawaban: Keuangan Negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun berupa barang yang dapat dijadikan miliknegara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut.

10. Membayar pajak bisa dikatakan sebagai pemenuhan hak dan kewajiban rakyat terhadap negara, Jelaskan maksudnya!
Jawaban: Karena uang dari hasil pungutan pajak yang berasal dari rakyat akan digunakan pemerintah untuk fasilitas negara yang nantinya akan dimanfaatkan kembali oleh rakyat… jadi dapat disimpulkan membayar pajak adalah kewajiban tiap orang dan pemanfaatan dari fasilitas tersebut adlah haknya..