10 Fungsi Hutan Bakau Secara Umum

Pokok Bakau merujuk kepada tumbuhan mangrove ,yang hidup di kawasan berpaya di muara sungai, antara perPokok bakau terdiri .FUNGSI HUTAN PAYA BAKAU, Paya bakau, ekosistem hutan paya bakau, ciri ciri paya bakau, kepentingan hutan paya bakau..Hutan bakau adalah komuniti tumbuhan yang sangat signifikan dalam dengan pelbagai fungsi seperti melindungi pinggir pantai, mengurangkan kadar .Walaupun bau busuk, hutan bakau sangat dinamik dan produktif. Ia memainkan pelbagai fungsi ekologi yang penting di persekitaran terutama.

Definisi Hutan Bakau

Hutan bakau (mangrove) sering kita ketahui yaitu tumbuhan yang hidup disekitar pesisir atau muara laut. Tapi banyak yang para ilmuan yang berbeda pendapat. Menurut Soerianegara (1990) hutan mangrove mempunyai pengertian sebagai hutan yang tumbuh di daerah pantai, biasanya terdapat di daearah teluk dan di muara sungai yang dicirikan oleh :1) tidak terpengaruh iklim; 2) dipengaruhi pasang surut; 3) tanah tergenang air laut; 4) tanah rendah pantai; 5) hutan tidak mempunyai struktur tajuk; 6) jenis-jenis pohonnya biasanya terdiri dari api-api (Avicenia sp.), pedada (Sonneratia sp.), bakau (Rhizophora sp.), lacang (Bruguiera sp.), nyirih (Xylocarpus sp.), nipah (Nypa sp.). Menurut Steenis (1978) mangrove adalah vegetasi hutan yang tumbuh diantara garis pasang surut. Sedangkan Nybakken (1988) memberi definisi hutan mangrove sebagai sebutan umum yang digunakan untuk menggambarkan suatu komunitas pantai tropik yang didominasi oleh beberapa spesies pohon yang khas atau semak-semak yang mempunyai kemampuan untuk tumbuh dalam perairan asin.
Mangrove (hutan bakau) mempunyai peranan ekologis, ekonomis, dan sosial yang sangat penting dalam mendukung pembangunan wilayah pesisir. Kegiatan rehabilitasi menjadi sangat prioritas sebelum dampak negatif dari hilangnya mangrove ini meluas dan tidak dapat diatasi seperti tsunami, abrasi, intrusi, pencemaran, dan penyebaran penyakit. Kota-kota yang memiliki areal mangrove seluas 43,80 ha dalam kawasan hutan berpotensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata (ekoturisme).

Berikut fungsi dari Hutan Bakau antara lain: 

1. Mempertahankan Kondisi Tanah

2. Melindungi Abrasi Laut

3. Mengatasi Pencemaran Air Laut

4. Melindungi Abrasi Laut

5. Hutan Bakau Merubah Lingkungan Secara Kimia

6. Menjadi Tempat Perkembangbiakan Mahluk Laut

7. Menjadi Habitat Berbagai Mahluk Hidup

8. Mendukung Pendapatan Ekonomi Masyarakat

9. Tempat Pengembangan Udang

10. Melindungi Bencana Alam

Hutan bakau di Indonesia terdapat di sepanjang pantai timur Sumatra, pantai barat dan selatan Kalimantan dan sepanjang pantai Irian, di Pulau Jawa hutan bakau yang agak luas masih tersisa di sekitar Segara Anakan dekat Cilacap yang merupakan muara sungai Citanduy. Kondisi hutan bakau indonesia berdasarkan data FAO yang dirilis tahun 2007, walau hanya memiliki hutan bakau seluas 3,062,300 ha, luas hutan bakau di Indonesia mencapai 19% dari total hutan bakau di seluruh dunia. Ini telah menjadikan Indonesia sebagai negara dengan luas hutan bakau paling luas di dunia melebihi Australia (10%) dan Brazil (7%). Tetapi dari tahun ke tahun luas hutan mangrove Indonesia menurun dengan drastis. Bahkan menurut sebuah data, hutan mangrove yang telah ter-deforestasi sehingga dalam kondisi rusak berat mencapai 42%, rusak mencapai 29%, kondisi baik sebanyak < 23% dan hanya 6% saja yang kondisinya sangat baik.Untuk itulah pentingnya kesadaran kita menjaga dan melestarikan hutan bakau karena banyak peran manfaat dan fungsi sebagai penunjang kemakmuran umat manusia.

  • Pokok Bakau Wikipedia Bahasa Melayu Ensiklopedia Bebas

    Pokok Bakau merujuk kepada tumbuhan yang hidup di kawasan berpaya di muara sungai, antara pertembungan air tawar dan air laut. Pokok bakau terdiri .

  • Fungsi Hutan Paya Bakau Ams Com

    FUNGSI HUTAN PAYA BAKAU, Paya bakau, ekosistem hutan paya bakau, ciri ciri paya bakau, kepentingan hutan paya bakau..

  • Pdfbab Ii Peranan Dan Kegunaan Hutan Paya Bakau

    Hutan bakau adalah komuniti tumbuhan yang sangat signifikan dalam dengan pelbagai fungsi seperti melindungi pinggir pantai, mengurangkan kadar .

  • Hutan Bakau Perisai Alam Pertanian Utusan Online

    Walaupun bau busuk, hutan bakau sangat dinamik dan produktif. Ia memainkan pelbagai fungsi ekologi yang penting di persekitaran terutama .

  • Fungsi Hutan Bakau Bagi Konservasi Pantai Dan Daerah Pesisir

    Fungsi hutan bakau bagi konservasi pantai dan daerah di pesisir Mangrove , serta manfaat dari tanaman yang ada didalam hutan bakau..