5 Fungsi Korteks Pada Tumbuhan

Dalam anatomi tumbuhan, korteks adalah bagian terluar dari batang atau akar tumbuhan yang dibatasi di bagian luar oleh epidermis dan di bagian dalam oleh . Fungsi Korteks Pada Ginjal Paling Penting, Dibahas secara lengkap dan menarik sehingga bisa membantu memudahkan dalam proses .

Panjang akar dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti porositas tanah, tersedianya air dan mineral, dan kelembapan tanah. Morfologi akar terdiri dari rambut akar, batang akar, ujung akar, dan tudung akar.  Rambut akar merupakan perluasan permukaan dari sel-sel epidermis akar yang berguna untuk memperluas daerah penyerapan. Rambut akar hanyu tumbuh di dekat ujung akar dan pada umumnya relatif pendek. Ujung akar tersusun dari jaringan meristem yang sel-selnya berdinding tipis dan aktif membelah diri. Fungsi tudung akar adalah untuk melindungi ujung akar terhadap kerusakan mekanis.

 

A. Anatomi (Struktur Dalam) Akar

Anatomi akar terdiri dari epidermis, korteks, endodermis, dan stele.

  1. Epidermis (kulit/lapisan luar akar) terdiri dari sel yang trersusun rapat. Dinding sel epidermis tipis sehingga dapat dilalui air.
  2. Korteks/kulit pertama yang tersusun dari lapisan-lapisan sel yang berdinding tipis. Koteks memiliki ruang-ruang antarsel yang berfungsi untuk pertukaran gas. Peran korteks adalah sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.
  3. Endodermis akar yang terbentuk dari selapis sel yang tebal. Sebagian besar sel-sel endodermis memiliki pita kaspari yang mengandung zat suberin atau zat lignin. Fungsi endodermis adalah mengatur jalannya larutan yang diserap ke silinder pusat. Kemudian ada stele (silinder pusat) yang terdiri dari perisikel (perikambium), xilem (pembuluh kayu), dan floem (pembuluh tapis). Perisikel adalah lapisan terluar dari stele yang berperan dalam pertumbuhan sekunder dan pertumbuhan akar ke samping. Di dalam perisikel terdapat xilem dan floem yang merupakan berkas pengangkut. Ada juga empulur yang hanya terdapat pada tumbuhan dikotil.

Akar sebagai Alat Pernapasan pada Tumbuhan

Akar juga digunakan sebagai alat pernapasan yang disebut akar napas. Akar napas terdapat pada tumbuhan yang ada di hutan bakau, yang bertmbuh tegak pada pangkal batangnya.  Pada akar napas ada banyak celah agar udara dapat masuk. Tetapi, selain memiliki akar napas, ada juga akar gantung. Akar gantung tumbuh dari bagian batang di atas tanah ke arah tanah. Fungsi akar gantung ketika masih menggantung adalah untuk menyerap udara. Tetapi ketika bagian akar yang masuk ke dalam tanah, bagian akar tersebut memiliki fungsi seperti akar biasa, yaitu, menyerap air dan mineral. Kemudian, oksigen yang diserap oleh akar digunakan untuk proses penyerapan air dan mineral.

Fungsi Korteks Antara lain sebagai berikut: 

1. Melindungi isi jaringan tumbuhan didalamnya, yaitu perisikel, xilem, floem

2. Korteks berfungsi dalam transportasi hara dari epidermis ke dalam teras akar

3. Korteks juga berfungsi menjadi bagian penyimpan cadangan energi dalam bentuk pati.

4. Korteks ginjal berfungsi sebagai regulator air dan zat terlarut (terutama elektrolit)

5. Glomoeruli yang hadir di dalam korteks ginjal, menyaring cairan plasma.

  • Korteks Botani Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

    Dalam anatomi tumbuhan, korteks adalah bagian terluar dari batang atau akar tumbuhan yang dibatasi di bagian luar oleh epidermis dan di bagian dalam oleh .

Baca Juga: Fungsi Hutan Bakau

  • Fungsi Korteks Pada Ginjal Paling Penting Dosenbiologi Com

    Fungsi Korteks Pada Ginjal Paling Penting, Dibahas secara lengkap dan menarik sehingga bisa membantu memudahkan dalam proses .

  • Kerjaya Dalam Bidang Neurosains Apa Yang Patut Diketahui Mengenai

    Mengawal atur perembesan hormon yang terlibat dalam fungsi seksual. Dimuatkan dalam ruang yang terhad di dalam tengkorak, korteks serebrum berada di

Baca Juga: Fungsi Hukum Internasional

  • Pengertian Korteks Dan Fungsi Korteks Ginjal Sridianti Com

    Biologi tentang Pengertian Korteks dan Fungsi Korteks Ginjal. Korteks ginjal pada dasarnya adalah lapisan sekunder ginjal pada m.ia .