4 Fungsi Utama Hormon Kalin

Hormon Kalin 

Hormon Kalin adalah hormon yang dapat merangsang pembentukan organ tubuh. Kalin dibedakan menjadi empat macam organ tubuh dengan fungsi yang berbeda-beda

Pada umumnya, hormon kalin ini banyak ditemukan pada tumbuhan sekalipun juga pada tumbuhan langka. Hormon asam kalin ini memiliki pernan penting dalam prose pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Oleh karena penitngnya fungsi dari hormon kalin tersebut, pada tumbuhan hormon kalin dibedakan menjadi empat jenis yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya.

Adapun keempat jenis hormon kalin tersebut antara lain : kaulokalin, filokalin, rizokalin dan antokalin. Keempat dari jenis hormon kalin ini saling mendukung satu dengan yang lainnya demi terciptanya tujuan hormon tersebut pada tumbuhan. Untuk informasi selengkapnya mengenai hormon kalin dan jenis –  jenisnya tersebut, berikut ini ulasan selengkapnya untuk anda.

Fungsi Hormon Kalin 

1. Kaulokalin : Hormon yang memiliki fungsi dalam merangsang proses pembentukan batang, Jenis hormon kalin yang pertama adalah kaulokalin. Adapun fungsi dari kaulokain ini adalah sebagai perangsang pembenutkan pada batang tanaman. Dengan adanya hormon ini, maka pembentukan batang pada tanaman akan tumbuh dengan baik. Karena seperti ayng kita ketahui bersama, batang pohon ini sangat penting yang memiliki peran sebagai penopang secara keseluruhan dari suatu tumbuhan serta penyaluran air keseua bagian tumbuhan itu sendiri.

2. Rizokalin : Hormon yang berfungsi dalam merangsang pembentukan akar, Jenis hormon kalin yang ketiga adalah rizokalin. Berbeda dari kedua jenis hormon kalin diatas sobat, jenis hormon kalin yang satu ini yakni rozokalin berperan penitng pada tumbuhan untuk merangsang terbentuknya akar primer maupun akar sekunder.  Karena seyogianya akar pada tumbuhan berperan sebagai komponen yang berfungsi untuk mencari sumber air dan berbagai unsur zat hara dari dalam tanah guna untuk disalurkan kesemua bagian tumbuhan tersebut.

3. Filokalin : Hormon yang berfungsi merangsang dalam pembentukan daun, Jenis hormon kalin yang kedua adalah filokalin. Jika kaulokalin berfungsi untuk merangsang batang, maka filokalin ini berfungsi untuk merangsang daun. Hormon yang satu ini juga sangat memiliki peranan penting terhadap perkembangan tumbuhan, karena pada daun inilah terjadi fotosintesis yakni untuk menghasilakn makanan pada semua bagian pada tumbuhan tersebut

4. Antokalin : Hormon yang merangsang pembentukan bunga.

Jenis hormon kalin yang keempat  adalah antokalin. Fungsi yang peling penting dari semua jenis hormon kalin adalah antikalin. Dimana antokalin ini berfungsi untuk merangsang pembuahan. Karena antokalin ini merupaan asam yang dapat merangsang bunga hingga ke pembuahan.

Itulah ulasan singkat mengenai hormon kalin pada tumbuhan. Semoag informasi diatas bisa menambah wawasan dan informasi buat sobat semua. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa, salam hangat.

 

Baca Juga: 8 Fungsi Utama Hormon Gas Etelin 

Baca Juga: 5 Fungsi Hormon Giberlin

Baca Juga: Kumpulan Soal Biologi dan Jawabannya