Pengertian Dasar Negara, Fungsi dan Manfaat Dasar Negara

Pengertian Dasar Negara

dasar negara berasal dari bahasa Belanda yaitu Philosophische Grondslag yang memiliki arti norma (lag), dasar (grands) dan filsafat (philosophische). Dan juga dasar negara berasal dari bahasa jerman yaitu Weltanschauung yang bermakna sebagai pandangan mendasar (anshcauung) dan dunia (welt). Sehingga dapat diberikan kesimpulan bahwa dasar negara adalah suatu pedoman dalam mengontrol kehidupan penyelenggaraan negara yang meliputi berbagai sektor kehidupan.

Fungsi Dasar Negara Antara lain: 

  1. Dasar berdiri dan tegaknya negara
  2. Dasar kegiatan penyelenggaraan negara
  3. Dasar partisipasi warga negara
  4. Dasar Pergaulan antara warga negara
  5. Dasar dan sumber hukum nasional

Baca Juga: Pengertian Bangsa, Dan Faktor-faktor bangsa

Manfaat Dasar Negara Bagi Suatu Bangsa: 

1. Manfaat dari dasar negara yang pertama adalah sebagai pedoman hidup dan juga pandangan dari semua masyarakat yang tinggal di dalam suatu negara. Karena dengan mengacu kepada dasar negara tentu saja nantinya akan dapat hidup dengan baik dan juga dapat mengerti norma – norma dalam suatu negara yang ditinggali.

2. Kemudian yang kedua adalah dengan adanya dasar negara tentu saja nantinya semua masyarakat yang tinggal akan memiliki tujuan yang lebih jelas di dalam bernegara.
Lalu yang ketiga adalah sebagai landasan dari idil suatu negara dalam artian menjadi acuan untuk masyarakat agar bisa menganut dan juga mengerti mengenai negara yang menjadi tempat tinggalnya tersebut.

Selain itu juga menjadi sebuah kepribadian dan juga jiwa dari bangsa negara tersebut, dengan adanya dasar negara tentu saja nantinya suatu negara akan memiliki jiwa dan juga kepribadian.

Baca Juga: Pengertian Negara, Unsur-unsur, Tujuan dan Fungsi Negara