Pengertian Ekologi, Jenis-jenis, Manfaat Ilmu Ekologi

Pengertian Ekologi

Ekologi ialah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara organisme dengan lingkungan hidupnya. Atau dapat ditafsirkan juga sebagai ilmu guna mempelajari /mengetahui interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan lokasi mereka hidup.

Istilah Ekologi asalnya dari bahasa Yunani, yakni dari kata “Okios” yang ditafsirkan sebagai Habitat dan dari kata “Logos” yang ditafsirkan sebagai Ilmu. Jadi dari ucapan-ucapan tersebut ekologi diputus sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antara organisme dengan lingkungan hidupnya.
Dalam ekologi pastinya ada istilah ekosistem, ekosistem sendiri ditafsirkan sebagai hubungan yang saling ketergantungan antara komponen hidup dan komponen yang tidak hidup.

Baca Juga: Pengertian Sosiologi, Ciri-ciri, Fungsi dan Manfaat

Berikut ini Jenis-jenis Ekologi

  1. Ekologi Padang rumput
  2. Ekologi Hutan
  3. Ekologi kelautan
  4. Ekologi Estuaria
  5. Ekologi

Baca Juga: Pengertian Hidroponik dan Manfaat Hidroponik

Manfaat Ilmu Ekologi

Dengan Mempelajari ilmu ekologi maka 1). Kita dapat mengenal / mengetahui berbagai macam jenis makhluk hidup, dan cara mereka bertahan hidup di lingkungannya.

2). Dapat mengenal prilaku berbagai jenis makluk hidup sesuai kondisi tempat tinggalnya.

3). Dapat mengetahui dampak yang bisa timbulkan dari aktivitas yang dilakukan manusia terhadap organisme lain dan terhadap lingkungan.

4). dapat mencari solusi untuk menuntaskan berbagai permasalahan lingkungan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Itulah pembahasan yang singkat tentang pengertian ekologi, semoga pembahasan ini dapat kamu pahami. Lalu jika ditemukan beberapa kesalahan mohon di maafkan. Sekian dan terimakasih telah membacanya semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pengertian Pencemaran, Macam-macam dan Cara Menanggulanginya