Pengertian, Jenis-jenis Limbah dan Contohnya

Pengertian Limbah

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik rumah tangga Dimana masyarakat bermukim, Pengertian limbah adalah buangan atau sisa yang dihasilkan dari suatu proses atau kegiatan dari industri maupun domestik rumah tangga.

PengertianLimbah Secara Umum dan Menurut Para Ahli Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri

pengertian limbah adalah benda yang dibuang, baik berasal dari alam ataupun dari hasil proses teknologi. Limbah dapat.

Baca Juga: Fungsi Membran Sel Pada Makhluk Hidup

Berdasarkan dari wujud limbah yang dihasilkan, limbah dilecah menjadi tiga yakni limbah padat, limbah cair dan gas dengan keterangan sebagai berikut:

  1. Limbah padat ialah limbah yang berwujud padat. Limbah padat mempunyai sifat kering, tidak dapat beralih kecuali terdapat yang memindahkannya. Limbah padat ini misalnya, saldo makanan, sayuran, potongan kayu, sobekan kertas, sampah, plastik, dan logam.

  2. Limbah cair ialah limbah yang berwujud cair. Limbah cair terlarut dalam air, tidak jarang kali berpindah, dan tidak pernah diam. Contoh limbah cair ialah air bekas membasuh pakaian, air bekas pencelupan warna pakaian, dan sebagainya.

  3. Limbah Gas ialah limbah zat (zat buangan) yang berwujud gas. Limbah gas dapat disaksikan dalam format asap. Limbah gas tidak jarang kali bergerak sampai-sampai penyebarangannya paling luas. Contoh limbah gas ialah gas pengasingan kendaraan bermotor. Pembuatan bahan bakar minyakjuga menghasilkan gas buangan yang berbahaya untuk lingkungan.

Baca Juga:Fungsi Hutan Bakau

Limbah dapat dibedakan menjadi lima yaitu: 

  1. Limbah rumah tangga
  2. Limbah Industri
  3. Limbah pertanian
  4. Limbah Kontruksi
  5. Limbah Radioaktif

Jenis limbah ada 5 berdasarkan sifatnya yaitu:

  • Limbah korosif
  • Limbah beracun
  • Limbah reaktif
  • Limbah mudah meledak
  • Limbah mudah terbakar

Baca Juga: Fungsi Hormon Absisat