Pengertian Kepala Desa, Tugas, Wewenang dan kedudukan kepala desa

Pengertian Kepala Desa

Kepala desa adalah seorang yang memimpin di pemerintahan desa. Dan Kepala desa merupakan pimpinan tertinggi dari pemerintah desa.

pemilihan kepala desa atau pilkades dalam pencalonan calon maksimal adalah 5 orang atau 5 calon. jikalau dalam masa pendaftaran lebih dari lima calon maka akan diadakan seleksi atau test secara tertulis dan interview dari beberapa calon akan disaring hingga mendapatkan lima calon atau kandidat terbaik.

Masa jabatan kepala desa yaitu selama 6 tahun, dan dapat diperpanjang lagi untuk 3 (tiga) kali masa jabatan berikutnya berturut-turut atau tidak.

Berikut Wewenang Kepala Desa Antara lain: 

  1. Mengajukan rancangan peraturan desa
  2. Menetapkan Peraturan Desa yang telah mendapat persetujuan bersama BPD
  3. Menyusun dan mengajukan rancangan peraturan desa mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk dibahas dan ditetapkan bersama BPD
  4. Memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

Kedudukan kepala desa

Kepala desa berkedudukan sebagai kepala pemerintahan Desa yang memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa.

Tugas kepala desa 

Kepala desa bertugas menyelenggarakan pemerintahan Desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Sebagai orang nomor satu dalam struktur pemerintahan desa, kepala desa memang memiliki tugas dan fungsi yang luas dan menyeluruh pada berbagai aspek kehidupan pemerintahan desa.

Fungsi Kepala Desa Antara lain: 

  1. membangun hubungan kemitraan dengan lembaga lainnya.
  2. melaksanakan pembangunan seperti pembangunan sarana prasarana perdesaan, pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan.
  3. melakukan upaya perlungan masyarakat , administrasi kependudukan, penyataan dan pengelolaan wilayah.
  4. menyelenggarakan pemerintahan, seperti tata praja pemerintahan, penetapan  peraturan desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban,
  5. melakukan pemberdayaan masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan dan ketenagakerjaan.
  6. Kepala desa juga berfungsi secara sosial ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga dan karang taruna.