Pengertian Lingkungan, Komponen dan contoh Kerusakan

Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah kombinasi dari kondisi fisik meliputi keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di darat dan di laut, dengan lembaga-lembaga yang mencakup penciptaan manusia sebagai keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik. Lingkungan juga dapat diartikan ke dalam segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Jadi bisa disimpulkan bahwa bukan hanya lingkungan secara fisik saja yang merupakan lingkungan. Lingkungan hidup juga mencakup sebuah ekosistem, perilaku sosial, adat istiada dan budaya, bahkan juga unsur benda mati seperti tanah, api, air, dan udara yang ada pada lingkungan tersebut.

Baca Juga: Pengertian Ekologi, Jenis-jenis Manfaat Ilmu Ekologi

Lingkungan Mempunyai Dua Komponen yaitu: 

  1. Komponen Biotik lingkungan meliputi semua makhluk hidup di dalamnya, yaitu, hewan, manusia, tumbuhan, jamur dan makhluk hidup lainnya.
  2. Komponen Abiotik adalah benda mati yang bermanfaat bagi kelangsungan makhluk hidup di lingkungan yang meliputi tanah, air, api, batu, udara, dan sebaiganya lainnya.

Baca Juga: Pengertian Sosiologi, Ciri-ciri, Fungsi dan Manfaat

Beberapa contoh kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh alam diantaranya adalah :

  1. Gunung Meletus
  2. Gempa Bumi
  3. Tsunami
  4. Tanah Longsor
  5. Banjir
  6. Kemarau Panjang

Baca Juga: Pengertian Pencemaran, Macam-macam dan Cara Menanggulanginya

Baca Juga: Pengertian Hutan, Manfaat, Unsur-unsur