Pengertian Neraca, Struktur, Dan Manfaat

Pengertian Neraca

Neraca adalah suatu bagian dari laporan keuangan yang berisi informasi dan melaporkan tentang aktiva, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham pada suatu perushaan di tanggal tertentu. Informasi yang terkandung pada neraca yaitu informasi tentang sifat dan jumlah kekayaan, kewajiban (hutang) dan ekuitas dari pemilik perusahaan tertentu.

Neraca atau laporan posisi keuangan adalah baagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang memberikan gambaran mengenai posisi keuangan entitas tersebut di akhir periode tersebut.

Neraca terdiri atas tiga unsur yakni:

  1. Ekuitas
  2. Liabilitas
  3. Aset

Baca Juga: Pengertian Akuntansi dan Manfaat Mempelajari Akuntansi

Struktur Neraca

Posisi Neraca Keuangan terdiri dari dua pos yakni Pasiva dan Aktiva. Doa Pos tersebut terdiri atas 3 unsur yang terdiri dari aset (aktiva) dan pos Pasiva terdiri dari hutang atau kewajiban (liabilitas), dan ekuitas atau modal (equity). Ketiganya dikaitkan dengan prinsip persamaan dasar akuntansi berikut ini:

Aktiva = Kewajiban (utang) + Modal

Baca Juga: Pengertian Peluang Usaha dan Peluang Usaha

Manfaat Neraca 

Pada dasarnya manfaat neraca yaitu untuk bisa meramalkan kesehatan keuangan dalam perusahaan, neraca bisa kita gunakan dalam menganalisis likuiditas, fleksibilitas keuangan perusahaan dan solvensi. Selain daripada itu, neraca juga bisa meramalkan waktu, jumlah dan ketidakpastian arus kas di masa depan.

Baca Juga: Pengertian Iklan, Tujuan Ciri-ciri, Syarat dan Jenis Iklan