Pengertian Seni Teater Secara Umum dan Fungsinya

Pengertian Seni Teater

Pengertian Seni Teater Secara Umum dan Jenisnya yang perlu diketahui oleh siapapun yang mendalami dan berkecimpung di bidang seni teater.

Kali ini kami akan berbagi ilmu pengetahuan tentang Seni Teater. Beberapa topik utamanya adalah Pengertian Seni Teater,

Fungsi Seni Teater adalah istilah lain dari drama, tetapi dalam pengertian yang lebih Meski secara pengertian, definisi improvisasi dalam kehidupan dan dalam kesenian.

Baca Juga: Pengertian Macam-macam dan 9 Fungsi Seni Secara Umum

Sejarah Seni Teater

Sejarah seni teater diperkirakan mulai berkembang semenjak 2500 tahun yang lalu. Di setiap negara di dunia memiliki sejarahnya masing-masing. Namun, beberapa seni teater yang terkenal antara lain seni teater Roma, seni teater Yunani, seni teater Eropa Barat, seni teater zaman Renaissance, seni teater English-Elizabethan, seni teater periode emas Spanyol, seni teater Prancis gaya Baroque, seni teater Afrika, seni teater Asia, dan seni teater Islam Timur Tengah.

Di Indonesia sendiri, seni teater sudah ada sejak lama dan dipercaya sudah ada sejak manusia mulai melakukan interaksi. Dulunya, seni teater sering dikaitkan dengan upacara adat diyakini sebagai bentuk syukur dan penghormatan kepada Allah karena sudah diberi berkat makanan dari hasil perburuan. Tiap daerah di seluruh Indonesia memiliki seni teater tradisionalnya masing-masing.

Selain untuk upacara adat, seni teater juga digunakan untuk memanggil kekuatan gaib (mengingat masyarakat pada zaman dahulu masih menganut kepercayaan animisme dan dinamisme), memperingati leluhur atau nenek moyang, dan masih banyak lagi yang lain.

Baca Juga: 12 Fungsi Musik Secara Umum

Pengertian Seni Teater Teater berasal dari bahasa Yunani “theatron” bahasa Inggrisnya Seeing Place yang artinya “Gedung Pertunjukan”. Namun seiring .Didalam pembahasan ini dilengkapi dengan pengertian seni teater, sejarah seni teater, macam seni teater, unsur seni teater, fungsi teater.

Baca Juga: Pengertian Pencak Silat

Jenis Teater Tradisional di Indonesia

  • Ketoprak
  • Lenong
  • Ludruk
  • Mamanda
  • Making
  • Randai
  • Wayang Orang

Baca Juga: