Pengertian Instrumen Secara Lengkap

Pengertian Instrumen

instrumen penelitian ialah sebuah perangkat yang dipakai untuk mengoleksi data atau informasi yang berfungsi untuk membalas permasalahan penelitian.
Alat ini mesti dipilih cocok dengan jenis data yang diharapkan dalam penelitian. Instrumen bermanfaat sebagai perangkat pada waktu riset yang memakai suatu metode.

Menyusun suatu instrumen penelitian dapat dilakukan oleh peneliti andai peneliti telah mengetahui dengan benar penelitiannya.

Pemahaman terhadap variabel atau hubungan antar variabel adalah modal penting untuk peneliti suapaya dapat mengeluas menjadi sub variabel, indikator, deskriptor dan butir-butir instrumennya. Instrumen dapat juga didefiniskan sebagai sebuah alat yang mengisi persyaratan akademis, sampai- sampai dapat dipergunakan sebagai alat guna mengukur sebuah obyek ukur atau menyeleksi data tentang suatu variable.

Berdasarkan uraian diatas, maka secara terminologis instrumen penelitian ialah alat tolong yang dipakai  oleh peneliti guna mengukur atau mengoleksi informasi kuantitatif maupun kualitatif sebagai bahan pengolahan yang berkaitan dengan objek ukur yang sedang diteliti.

Menurut KBBI

Instrumen menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah alat yang dipakai untuk me-ngerjakan sesuatu (seperti alat yang dipakai oleh pekerja teknik, alat-alat kedokteran, optik, dan kimia); sarana penelitian (berupa seperangkat tes dan sebagainya) untuk mengumpul-kan data sebagai bahan pengolahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *