Macam-macam Haji Beserta Penjelasannya

Macam-macam Haji
• Haji Tamatuk
• Haji Ifrad
• Haji Qiran

Penjelasan Macam-macam Haji
1) Haji Tamatuk
Haji Tamatuk yaitu mengerjakan umrah terlebih dahulu, baru mengerjakan haji. Cara ini wajib membayar dam nusuk (denda kurban) sesuatu ketentuan. Pelaksanaan haji dengan cara ini dianjurkan bagi semua jamaah haji. Disebut Tamatuk karena ia menggunakan kesempatan menunaikan dua macam ibadah di musim haji dalam setahun tanpa kembali lebih dahulu ke kampung halaman. Selain itu orang bertamatuk (bersenang-senang) dapat menikmati setelah tahalul apa yang dinikmati oleh orang yang bukan ihram seperti memakai pakaian biasa, berharum-haruman dan lain-lain. Cara Tamatuk ialah dengan ihram buat umrah saja dari miqat, dan mengucapkan waktu talbiyah “Labbaika bi Umrah”. Ia harus tetap dalam keadaan ihram sampai ia melakukan amalan-amalan di Mekkah yaitu tawaf di Ka’bah, sa’i di Mina. Menggunting rambut, kemudian tahalul dengan membuka pakaian biasa serta boleh melakukan hal-hal yang terlarang waktu ihram sampai tiba hari tarwih, lalu ihram untuk haji dari Mekah.

2) Haji Ifrad
Haji Ifrad yaitu mengerjakan haji saja atau ibadah haji yang dilaksanakan sebelum ibadah umrah. Cara ini tidak wajib membayar dam. Cara haji Ifrad ini dapat dipilih jamaah haji yang masa wukufnya sudah dekat (kurang lebih 5 hari). Cara ini ihram nya hanya untuk haji saja dan dilakukan dari miqat dan mengucapkan sewaktu talbiyah: “Labbaika bi haj”. Ia harus telah dalam keadaan ihram sampai selesai amalan-amalan haji. Setelah semuanya terlaksana, jika dikehendaki, barulah ia mengerjakan umrah.

3) Haji Qiran
Haji Qiran yaitu mengerjakan haji dan umrah di dalam satu niat dan satu pekerjaan sekaligus atau dengan kata lain qiran adalah merangkap ibadah haji dan ibadah umrah dari miqat dan mengucapkan waktu ibadah: “Laila bihajjin wa umrah”.
Orang yang melakukan cara ini harus tetap dalam keadaan ihram sampai ia selesai dan semua amalan haji dan umrah. Cara ini wajib membayar dam nusuk (sesuai ketentuan manasik)
Cara ini dipilih jamaah haji yang tinggalnya di Mekah sangat terbatas.