Perbedaan Haji dan Umrah

Karena haji dan umroh adalah salah satu ibadah terstur yang menjadi agenda utnuk setiap muslim di Indonesia, terkadang peluang ini dimanfaatkan oleh sekian banyak pihak sepert biro perjalanan dan beda sebagainya dalam memberikan kemudahan umroh atau haji.
Sayangnya dengan maraknya promosi itu tidak diimbangi oleh pandangan yang tepat untukcmengetahui lebih dalam kedua jenis ibadah tersebut.

Berikut perbedaan antara Haji dan Umrah
Haji secara bahasa bermakna al-qoshdu (sengaja/bermaksud) yaitu mendatangi tempat yang dimuliakan.

Secara istilah Haji dapat diartikan sebagai serangkaian ibadah yang dilaksanakan pada masa-masa tertentu dan dengan tata-cara tertentu guna mendapatkan keridhaan Allah SWT.
Haji menjadi rukun Islam ke-enam dimana itu ialah kewajiban dan menjadi di antara kndikator untuk kesempurnaan keislaman seseorang dengan peraturan mereka dapat secara bermunculan maupun batin dalam menjalankannya.

Sedangkan Umroh ialah ibadah sunah yang bilamana dilakukan bakal mendapatkan keagungan disisi Allah SWT.
Umrohpun disiratkan dalam Al-Qur’an sebagai di antara ibadah maliah atau ibadah yang menuntut adanya pengorbanan harta benda. Meskipun terdapat perbedaan tentang hukum umroh, namun banyak sekali ulama di Indonesia sepakat bahwa umroh hukumnya ialah sunah dan dilaksanakan sekali seumur hidup.