Pengertian Aseton, Beserta Contohnya

Aseton ini dikenal sebagai dimetilformaldehida, dimetil keton, propanon, 2-propanon, dan propan-2-on, ialah kandungan berbentuk dalam cairan yang tak memiliki warna dan sangat gampang sekali dengan terbakar.

Dia ialah merupakan keton yang sangat sederhana. Aseton yang tercampur dalam perbandingan-perbandingan dengan air, dietil eter, etanol, dan lain-lain sebagainya.

Sebenarnya aseton sendiri ini merupakan salah satu pelarut yang sangat penting. Aseton dipakai untuk memproduksi plastik, obat-obatan, serat, dan kandungan-kandungan kimia lainnya. Aseton ini selain dimanufaktur secara industri, aseton juga bisa jumpai dengan alami, didalam tubuh manusia pun termasuk dalam kandungan kecil.

Aseton ialah cairan yang kerap digunakan sebagai pelarut. Pada tubuh manusia, aseton ini merupakan salah satu pembuat keton yang membentuk hasil dari pemecahan pada lemak

Aseton
Ditemukan di: penghapus kuteks, polish mebel, wallpaper, alkohol topikal, Ketika terekspos udara, aseton menguap dengan sangat cepat dan mudah sekali terbakar. Aseton dapat menyebabkan keracunan fatal yang mengancam nyawa, namun sangat jarang terjadi karena tubuh mampu memecah aseton dalam jumlah besar yang terserap ke dalam sistem. Untuk sampai bisa keracunan, Anda harus mengonsumsi atau menelan porsi aseton dalam jumlah luar biasa besar dalam waktu singkat. Gejala keracunan aseton ringan termasuk sakit kepala, bicara cadel, lesu, kurang koordinasi indera gerak, dan rasa manis di mulut. Oleh karena itu, penggunaan aseton untuk menghapus kuteks warna-warni di kuku Anda harus dilakukan di ruangan terbuka dan jauh dari nyala api. Selalu jauhkan produk-produk yang mengandung aseton dari jangkauan anak.

Alternatif: Gunakan produk penghapus kuteks yang mencantumkan label bebas aseton. Hal yang sama berlaku untuk pemoles furnitur; pelicin furnitur berbasis air bekerja sama efektifnya dengan produk yang mengandung aseton.