Pengertian Bisphenol A (BPA) dan Bahayanya

Bisphenol A (BPA)

Ditemukan di: wadah makanan kaleng, perkakas rumah tangga yang terbuat dari plastik, botol minum plastik produksi lama (sebelum tahun 2012), botol susu bayi model lama (sebelum 2011), bon belanja.

BPA ialah suatu senyawa kimia sintetis yang dipakai untuk membuat plastik polikarbonat yang  biasa digunakan dalam beragam produk konsumer seperti botol bayi, botol air, piring, mug, dan gelas.

Bahan ini juga digunakan dalam produksi resin epoksifenolat yang berguna sebagai pelapis bagian dalam kaleng logam (termasuk kaleng susu formula bayi dan makanan kaleng lainnya), tangki penyimpan air, dan tong anggur. Bahan ini sudah digunakan dalam dunia pengemasan makanan selama lebih dari 50 tahun.

Produksi BPA sebenarnya dimulai pada tahun 1930 sebagai estrogen sintetik yang diberikan pada wanita. Jadi, tidak mengherankan bahwa paparan terhadap bahan kimia ini mengarah ke perubahan hormon, seperti penurunan produksi sperma, pubertas dini pada anak-anak perempuan, dan kemandulan pada orang dewasa. Studi lab juga mencurigai bahwa paparan BPA dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan keguguran. BPA juga mengganggu metabolisme tubuh dan memainkan peran dalam penyakit jantung, obesitas dan diabetes.

Alternatif: Selalu prioritaskan membeli bahan pangan segar atau beku daripada makanan kaleng. Anda juga dapat membatasi risiko paparan tambahan dengan menolak bon belanjaan yang tidak perlu-perlu amat.