Pengertian Phthalate, Contoh, Kegunaan Fungsi

Phtalate

Ditemukan di: ubin, tirai shower, kulit sintetis, perkakas rumah tangga yang dibuat dari PVC vinyl (untuk membuat plastik fleksibel dan liat), produk pengharum ruangan (phtalate digunakan untuk menjaga parfum tidak menguap); cat kuku, cat tembok, pernis mebel; cling wrap dan wadah makanan plastik.

Phthalate adalah sekelompok zat yang banyak digunakan dalam produk sehari-hari. Phthalate tidak berwarna, kekentalannya mirip minyak goreng, sedikit atau tanpa bau serta tidak mudah menguap.

Kegunaan Phthalate : 

Sekitar 12 jenis phthalate yang digunakan di seluruh dunia saat ini terkandung dalam ribuan jenis produk. Aplikasi utama dari phthalate adalah sebagai aditif yang berfungsi melunakkan PVC dan membuatnya menjadi fleksibel, tanpa mengorbankan kekuatan bahan PVC. Phthalate digunakan sebagai pelunak (plasticizer) dalam produk mainan anak-anak, mobil dan banyak produk-produk lain yang terdapat di rumah-rumah maupun di rumah sakit. Misalnya, phthalate merupakan aditif penting dalam pembuatan peralatan medis dari bahan PVC yang banyak manfaatnya dalam menyelamatkan jiwa manusia. Phthalate jenis yang lain banyak digunakan dalam formulasi parfum dan berbagai produk-produk perawatan kecantikan dengan fungsi untuk membuat keharumannya bertahan lebih lama. Phthalate jenis yang lain lagi berfungsi untuk mencegah rusaknya berbagai jenis lapisan coating pada berbagai jenis produk.

Studi mengungkapkan bahwa anak laki-laki yang lahir dari ibu dengan konsentrasi phthalate tinggi dalam sistemnya menderita kelainan pada alat kelamin mereka. Bahan kimia ini mengganggu testosteron dan estradiol, hormon yang memengaruhi perkembangan payudara. Studi telah menemukan bahwa wanita yang menderita kanker payudara memiliki tingkat phthalate yang lebih tinggi daripada wanita yang tidak memiliki kanker.

Alternatif: Hindari pengharum ruangan apapun yang mengandung pewangi sintetik, misalnya kapur baru atau semprotan aerosol. Hindari perkakas rumah tanggan yang berbahan dasar vinyl, dan selalu simpan makanan Anda di wadah kaca, keramik, atau stainless steel.