Pengertian Toluena, Sifat, Kegunaan dan Contohnya

Ditemukan dalam: cat, karet, pewarna, lem, percetakan.
Toluena banyak digunakan sebagai bahan aditif bensin pelarut dan tinggi, tetapi juga merupakan bahan baku bahan kimia organik yang penting, dibandingkan dengan benzena dan xilena yang diperoleh dari batubara dan minyak pada saat bersamaan, produksi saat ini relatif surplus, sehingga cukup banyak toluena digunakan untuk menghilangkan alkil benzena atau disproporsionasi xilen.

Toluena adalah agen pelarut yang sangat baik untuk cat, lak, pengencer, dan perekat. rute yang paling umum dari paparan melalui inhalasi. Gejala keracunan toluena termasuk efek CNS (sakit kepala, pusing, ataksia, mengantuk, euforia, halusinasi, tremor, kejang, dan koma), aritmia ventrikel, pneumonia kimia, depresi pernapasan, mual, muntah, dan ketidakseimbangan elektrolit. Orang yang terkena paparan ringan dari uap toluena tidak menimbulkan risiko keracunan akut.

Alternatif: Periksa label cat apakah produk yang Anda gunakan mengandung toluena. Jika ya, buka setiap ventilasi udara lebar-lebar guna memungkinkan kelancaran pertukaran udara segar. Poles cat untuk setiap mebel atau perlengkapan rumah tangga lainnya di udara terbuka (taman atau jalanan depan rumah) untuk mencegah cat melepaskan gas berbahaya yang bisa mengendap dalam rumah.