Pengertian Xylene, Jenis dan Kegunaannya

Xylene ditemukan di: emisi gas buang kendaraan bermotor, cat, pernis, cat kuku, perekat, semen karet

Pengertian Xylene
1. Di Bidang Farmasi
• xylene : hidrokarbon aromatik yang terdiri dari benzen yang berikatan dengan dua metal.
2. Dibidang Pertambangan
• xylene (Xilena) : Zat cair tanpa warna dari kelompok aromatik dengan rumus kimia C6H4(CH3) 2 dibentuk melalui proses katalitik dari fraksi minyak naftenik. Umumnya sebagai bahan bakar beroktan tinggi pada motor, pesawat terbang, pelarut, dan bahan baku industri kimia.
3. Dibidang Migas (Minyak&Gas)
• xylene : xilena : Zat cair tidak warna dari kelompok aromatik dengan rumus kimia C6H4(CH3)2, dibentuk melalui proses katalitik dari fraksi-fraksi minyak nafternik; digunakan sebagai bahan bakar beroktana tinggi untuk motor dan pesawat terbang, pelarut, dan bahan baku industri kimia.

Paparan ringan hingga sedang terhadap uap xylene dapat menyebabkan mata panas memerah, bengkak, berair, penglihatan kabur; dan/atau iritasi kulit ringan, seperti ruam kemerahan dan bengkak, kulit terasa kering dan gatal; iritasi pada hidung dan tenggorokan. Paparan terhadap xylene dalam jumlah besar sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan depresi sistem saraf pusat yang menyebabkan mual dan muntah serta sakit kepala, dan berkunang-kunang; hingga kerusakan hati dan ginjal, hilang kesadaran, kegagalan sistem pernapasan, bahkan kematian.

Alternatif: Periksa label cat apakah produk yang Anda gunakan mengandung xylene. Jika ya, buka setiap ventilasi udara lebar-lebar guna memungkinkan kelancaran pertukaran udara segar. Poles cat untuk setiap mebel atau perlengkapan rumah tangga lainnya di udara terbuka (taman atau jalanan depan rumah) untuk mencegah cat melepaskan gas berbahaya yang bisa mengendap dalam rumah. Jangan pernah membiarkan mesin mobil menyala di garasi tertutup.