Pengertian Produk, Jenis, Ciri-Ciri Produk yang disukai Masyarakat

Produk adalah hasil proses produksi yang dilakukan oleh produsen atau perusahaan yang nantinya akan dijual kepada konsumen yang membutuhkan. Sebagian besar pendapatan suatu perusahaan berasal dari produk yang dijualnya kepada para konsumen, konsumen akan membeli produk tersebut untuk keperluannya sehari-hari, maupun untuk memenuhi kepuasannya.

Adapun klasifikasi atau jenis-jenis dari produk yang di konsumsi/digunakan, diantaranya seperti:
1.Produk konsumsi
2. Produk Industri

Adapun beberapa ciri produk yang di sukai konsumen, diantaranya sebagai berikut:
1. Awet atau Tahan Lama
2. Perawatan Yang Mudah
3. Murah

Secara umum produk yang sering di konsumsi masyarakat digolongkan menjadi 3 (tiga) bagian diantaranya:

1. Produk Kebutuhan Sehari-Hari
Merupakan produk yang sering sekali di beli oleh konsumen, karena produk ini sangat di perlukan dan mudah sekali habis jika digunakan. Pada produk sehari-hari ini konsumen mudah sekali untuk berganti merek entah itu alasanya kurang puas dengan merek sebelumnya, terpengaruh oleh iklan-iklan di berbagai media, ingin mencoba produk baru, ataupun dengan alasan lainnya. Produk harian misalnya seperti sabun cuci, sabun mandi, pasta gigi, makanan, minuman, dsb.

2. Produk Belanjaan
Konsumen membeli produk belanjaan umumnya dengan cara membandingkan antara produk yang satu dengan produk lainnya yang sejenis, baik itu membandingkan dari segi harga, spesifikasi, dan kualitasnya. Selain membandingkan dari ketiga hal tersebut umumnya konsumen akan melihat fisik produk tersebut, melihat pelayanan penjualnya, dan tempat dijualnya produk tersebut. Biasanya produk ini adalah produk elektronik dan fashion seperti: telepon genggam, televisi, sepatu, jaket, dsb.

3. Produk Khusus
Dapat di katakan merupakan produk yang berkesan mewah dan istimewa, konsumen akan rela membayar dengan harga yang sangat tinggi untuk mendapatkan produk tersebut. Produk khusus misalnya seperti: sepeda motor sport, mobil mewah, telepon genggam mewah, atau produk limited edition.