7 Obat Tradisional Untuk Penyakit Gatal (Alergi)

Secara ringkas, penyebab kulit gatal bisa akibat dari ruam lokal atau kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis atau dermatitis. Atau penyebab gatal pada kulit merupakan akibat dari penyakit dalam (sistemik), seperti penyakit hati atau gagal ginjal. Penyebab lokal menimbulkan gatal hanya pada kulit yang terkena sedangkan penyebab sistemik menimbulkan gatal pada kulit seluruh tubuh.

Berikut ini Obat Tradisional untuk menyembuhkan Gatal pada kulit;

1. Daun biduri dan minyak kelapa
Siapkan beberapa lembar daun biduri. Setelah itu, panaskan daun dan diolesi dengan minyak kelapa, lalu tempelkan obat gatal-gatal ini pada kulit yang selagi daunnya masih hangat.

2. Kulit batang kamboja
Bukan hanya daun, ternyata obat gatal juga bisa dari batang. Kulit batang pohon kamboja digiling hingga halus, kemudian obat gatal alami ini dibalurkan ke bagian tubuh yang gatal.

3. Lidah buaya
Berkat sifat antibakteri, antijamur, anti-inflamasi dan emolien, obat gatal kulit ini sangat baik untuk mengobati sejumlah penyakit kulit termasuk ruam yang juga menenangkan kulit.
Jika gel lidah buaya segar yang ideal untuk mengatasi kulit gatal tidak tersedia, Anda dapat membeli gel lidah buaya atau ekstrak di apotek.

4. Buah kering
Diet kaya vitamin A, B dan E juga merupakan obat kulit gatal dan kering karena kekurangan vitamin ini menyebabkan kulit kering. Buah-buahan kering membantu mempertahankan kelembapan di kulit. Mengonsumsi buah-buahan kering secara teratur dapat membantu merawat kulit yang sangat kering.

5. Daun mint
Daun mint mengandung mentol yang melimpah, memiliki sifat anestetik dan anti-inflamasi. Obat gatal alergi tradisional ini bila dioleskan secara topikal. Untuk membuat teh mint, masukkan 1 ons daun mint kering dalam 1 gelas air mendidih. Tutup dan biarkan hingga dingin. Saring, celupkan kain bersih ke dalam teh, dan oleskan pada kulit gatal.

6. Cuka apel
Jika mengalami kulit kering dan kulit gatal di area tertentu, oleskanlah cuka apel menggunakan bola kapas. Jika seluruh lulit mengalami rasa gatal dan kering, tambahkan dua atau tiga cangkir obat gatal ini ke air mandi dan berendam selama 15 hingga 30 menit.

7. Minyak goreng dan garam

Percaya atau tidak, Anda bisa menggunakan campuran minyak goreng dan garam. Campurkan garam ke dalam sedikit minyak goreng, kemudian aduk dan oleskan obat gatal kulit ke bagian kulit yang gatal.