7 Hikmah Puasa Ramadhan Untuk diri Kita

Puasa ramadhan itu bukan cuman menahan lapar dan haus,  disamping itu kita harus mampu melawan hawa nafsu,  apa saja hikmah puasa ramadhan langsung aja di simak artikel dibawah ini,

1. Melatih seseorang menjadi lebih bersyukur Sewaktu anda menjalankan ibadah puasa, kita melulu makan dua kali di masa-masa berbuka puasa serta ketika sahur. Dengan demikian, maka anda semakin lebih merasa bersyukur dengan apa yang kita santap selama ini ketika kita tak berpuasa. Dengan demikian rasa syukur tersebur dapat hadir pada diri seseorang itu.

2. Menjadikan seseorang lebih peduli sesama

Sesama muslim adalah saudara, Serta ikatan tersebut saat puasa begitu terjalin dengan erat. Hal semacam ini dapat kita lihat dari sejumlah contoh, diantaranya yakni memberikan santap tajil guna berbuka, dengan teknik cuma –hanya (berbuka puasa gratis), Shalat berjama’ah, saling berbagi pengetahuan agama, dan rutinitas ini bakal terjalin serta terbiasa di ketika tidak berpuasa.

3. Mempererat silaturahmi
Dengan anda menjalankan ibadah puasa, serta kita masing-masing malam menjalankan shalat tarawih secara berjama’ah dan mengaji di masjid. Maka dengan adanya kegiatan seperti tersebut setiap hari menjadikan masing-masing hari bertemu, jadi yang tadinya tak pernah bertemu jadi bertemu, yang lazimnya tak akrab jadi akrab. Serta rutinitas ini bakal berlanjut di bulan – bulan di luar bulan puasa.

4. Melatih diri menjadi pribadi yang lebih tabah serta sabar
Kita menjalankan puasa tidak saja menahan lapar serta haus. Akan namun dengan kita mengerjakan puasa maka anda dapat belajar untuk terbiasa agar bisa menahan amarah, dan tak berburuk sangka pada orang lain. Serta anda akan terbiasa guna bersabar menghadapi sebuah hal, tak gampang untuk terpancing oleh omongan–omongan orang lain tentang diri kita. Jadi, dengan begitu kita dapat jadi imdividu yang sabar serta tabah tidak melulu saat puasa saja, tetapi masing-masing saat.

5. Tercapainya derajat ketaqwaan seseorang
Dengan menjalankan ibadah puasa, maka seseorang sudah menjalankan kebijakan–kebijakan seperti yang Allah perintahkan serta menjauhi seluruh larangan Allah. Karena itulah, maka dengan menjalankan ibadah puasa seseorang bisa jadi individu yang lebih bertaqwa lagi pada Allah. Kita sebagai orang muslim yang menjalankan ibadah puasa pun akan merasa tidak jarang kali di pantau oleh Allah, motivasi untuk mengerjakan hal–urusan yang diperintahkan oleh Allah dan lebih mendekatkan diri pada Allah. Oleh sebab itu, hikmah dari berpuasa yakni menjadikan seseorang bertaqwa pada Allah.

6. Semua hal yang dilakukan merupakan ibadah
Semua urusan atau tindakan baik bernilai ibadah. Terlebih di bulan ramadhan, bulan dimana pahala anda dilipat gandakan. Dengan membudayakan diri di bulan ramadhan untuk melakukan baik, maka anda akan punya kelaziman di hari – hari di luar bulan ramadhan.

7. Menjadi pribadi yang lebih baik

Saat menjalankan ibadah puasa, kita harus menghindari perbuatan – perbuatan yang bisa mengurangi pahala puasa. Siapa sih yang menginginkan pahala puasa kita berkurang serta hanya memperoleh rasa lapar serta haus. Pasti tidak bukan? Jadi kita harus bisa mengontrol emosi, dan perbuatan-perbutan yang buruk.

Serta mestinya, walaupun kita sudah tidak berpuasa, sebaiknya kebaikan – kebaikan yang ditunaikan di saat puasa tetaplah berlanjut. Dan kita bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik.