Pengertian Muallaf dan Mukallaf ?

Apa Pengertian Muallaf dan Mukallaf ?

Pada artikel ini kita akan sama-sama membahas apasih Muallaf dan Mukallaf itu?
Yu langsung aja simak uraian dibawah ini.

A. Muallaf
Kata “muallaf” berasal dari bahasa arab yang dengan kata lain tunduk, pasrah, dan menyerah. Sedangkan guna definisinya sendiri, muallaf memiliki sejumlah pengertian, laksana:
1. Muallaf ditafsirkan sebagai seseorang (non muslim) yang baru saja masuk islam.
2. Berdasarkan keterangan dari syariah, muallaf ditafsirkan sebagai seseorang yang hatinya sudah dicondongkan pada islam. Atau dengan kata lain, muallaf adalah seseorang yang hatinya sudah diikat guna mengokohkan mereka pada islam.
3.Berdasarkan keterangan dari para ulama dari madzab Maliki, muallaf didefinisikan sebagai orang kafir yang diikat hatinya supaya sungguh-sungguh masuk islam.

قُللِلَّذِينَكَفَرُواْإِنيَنتَهُواْ يُغَفَرْلَهُم مَّاقَدْ سَلَفَوَإِنْ يَعُودُواْفَقَدْمَضَتْسُنَّةُالأَوَّلِينِ

Artinya : “Katakanlah kepada orang-orang yang kafir itu: `Jika mereka berhenti (dari kekafirannya), niscaya Allah akan mengampuni mereka tentang dosa-dosa mereka yang sudah lalu; dan jika mereka kembali lagi sesungguhnya akan berlaku (kepada mereka) sunnah (Allah terhadap) orang-orang terdahulu.” (QS. Al- Anfaal ayat 38).

B. Mukallaf

Mukallaf ialah muslim yang dikenai keharusan atau perintah dan menjauhi larangan agama (pribadi muslim yang telah dapat dikenai hukum). Seseorang berstatus mukallaf bila ia sudah dewasa dan tidak merasakan gangguan jiwa maupun akal.

Jadi intinya Muallaf ialah orang yang baru masuk islam sementara Mukallaf ialah orang dewasa dan berakal yang sudah di kenaikeharusan untuk menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah S.W.T.