Pengertian Negara, Fungsi, Dan Tujuan

Berikut ini kami sajikan soal dan pembahasan tentang negara yang dilengkapi dengan pembahasan lengkapnya, simak berikut ini.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara!

Negara berasal dari kata “state” (bahasa Inggris), “staat” (bahasa Belanda dan Jerman) dan “etat” (bahasa Perancis). Kata-kata tersebut  diambil dari bahasa latin yakni “status atau statum” berarti keadaan yang “tegak dan tepat” atau sesuatu yang mempunyai sifat-sifat yang tegak dan juga tetap.

Sebutkan pengertian negara menurut Menurut Harold J. Laksi

Menurut Harold J. Laksi negara ialah  suatu masyarakat yang diintegrasikan dikarenakan memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan juga yang secara sah lebih agung dari pada suatu individu atau kelompok yang ialah  bagian dari masyarakat itu sendiri.

Jelaskan pengertian negara Menurut Max Weber

Menurut Max Weber negara tersebut diartikan dengan asosiasi yang menyelenggarakan suatu penertiban di dalam suatu masyarakat suatu wilayah, berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan ialah oleh suatu pemerintah yang untuk maksud tersebut diberikan kekuasaan memaksa.

Jelaskan fungsi negara secara umum!

Fungsi negara secara umum adalah:

  • Melaksanakan ketertiban (law and order) untuk dapat mencapai tujuan bersama dan juga untuk mencegah bentrokan-bentrokan didalam masyarakat.
  • Mengusahakan kesejahteraan dan juga kemakmuran bagi semua rakyatnya.
  • Mengusahakan pertahanan untuk dapat menjaga kemungkinan serangan dari luar negara, negara  harus dilengkapi ialah dengan alat-alat pertahanan yang kuat dan juga canggih.
  • Menegakkan suatu keadilan yang dilaksanakan dengan melalui badan-badan peradilan seperti Pengadialan dll.

Sebutkan fungsi negara menurut Montesquieu!

Montesquieu, menyatakan bahwa fungsi negara mencakup tiga tugas pokok :

  • fungsi legislatif, yakni membuat suatu undang-undang
  • fungsi eksekutif, yakni melaksanakan undang-undang tersebut
  • fungsi yudikatif, yakni mengawasi agar semua peraturan yang dibuat dapat ditaati (fungsi mengadili)

Apa tujuan didirikannya sebuah negara?

Adapun tujuan negara ialah bermacam-macam, antara lain ialah sebagai berikut :

Untuk memperluas kekuasaan. Ajaran negara kekuasaan menggemukakan ialah bahwa kekuasaan artinya  kebenaran, dan juga dengan bertambahnya kekuasaan tersebut berarti akan bertambah juga kemajuan pada lapangan lain.

Untuk menyelenggarakan ketertiban hukum. Negara tersebut bertujuan ialah menyelenggarakan ketertiban suatu hukum segala kekuasaan dari alat-alat pemerintahan dengan berdasarkan dari hukum, semua orang tersebut harus tunduk kepada hukum, dikarenakan  hukumlah yang berkuasa didalam suatu negara tersebut.

Untuk mencapai kesejahteraan umum. Negara tersebut bertujuan ingin dapat mewujudkan kesejahteraan umum. Negara itu dipandang ialah sebagai alat yang dibentuk manusia untuk dapat mencapai tujuan secara bersama, yaitu suatu tatanan masyarakat yang didalamnya terdapat suatu kebahagiaan, kemakmuran dan juga keadilan sosial bagi seluruh rakyat negara.

Sebutkan tujuan negara menurut Aristoteles dan plato!

Aristoteles: negara tersebut bertujuan menyelenggarakan hidup yang baik bagi seluruh warga negaranya.
Plato: tujuan negara ialah untuk memajukan kesusilaan manusia, baik itu sebagai individu ataupun sebagai makhluk sosial.

 

Pengertian Negara, Fungsi, Dan Tujuan

Berikut ini kami sajikan soal dan pembahasan tentang negara yang dilengkapi dengan pembahasan lengkapnya, simak berikut ini. Jelaskan apa yang dimaksud den

Editor's Rating:
5