Sebutkan 10 Cabang Biologi

Pada artikel saat ini, kang darus akan membahas cabang-cabang Biologi.

Berikut ini 8 Cabang-cabang Biologi yaitu
1. Botani : yaitu ilmu yang mempelajari mengenai tumbuhan
2. Parasitologi : yitu ilmu yang mempelajari mengenai parasit
3. Farmakologi : yaitu ilmu yang mempelajari mengenai Obat–Obatan
4. Ekologi : yaitu ilmu yang mempelajari mengenai mengenai hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan hidup.
5. Anatomi : yaitu ilmu yang mempelajari mengenai tubuh manusia.
6. Zoologi : yaitu ilmu yang mempelajari mengenai hewan.
7. Mikologi : yaitu ilmu yang mempelajari mengenai jamur.
8. Entomologi : yaitu ilmu yang mempelajari mengenai serangga.
9. Virologi : yaitu ilmu yang mempelajari mengenai virus.
10. Genetika : yaitu ilmu yang mempelajari mengenai pewarisan sifat

Penjelasan Cabang Biologi secara lengkap:

  1. Anatomi

Anatomi berasal dari kata ana dan temnein yang berarti memotong. Ilmu ini mengkaji kehidupan pada tingkat organ dan sistem organ, dengan kata lain kajian ilmu ini adalahstruktur internal organisme. Ilmu ini memiliki beberapa cabang seperti ilmu urai, morfologi, zootomi, dan fitotomi.

  1. Fisiologi

Fa’al: fungsi organ tubuh. Cabang ini mempelajari tentang fungsi kerja sistem tubuh pada mahluk hidup yang berkerja dan saling bersinergi oleh biomolekul, sel, dalam fungsi kimiawi maupun mekanik.  Terdiri atas fisiologi manusia, hewan atau tumbuhan.

  1. Morfologi

Cabang biologi yang mempelajari tentang bentuk, struktur dan konfigurasi pada mahluk hidup. Meliputi bentuk atau ciri luar (struktur, warna, pola) mahluk hidup, dan bagian dalamnya seperti tulang dan organ.

  1. Genetika

Ilmu yang mempelajari tentang pengontrolan sifat sifat mahluk hidup dan pewarisan sifatsuatu organsime seperti manusia, hewan, dan tumbuhan maupun metaorganisme (organisme peralihan) seperti virus.

  1. Palaeontologi

Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang fosil. Kenapa biologi mempelajari fosil, sedangkan fosil biasanya dipelajari oleh orang-orang geologi? Jawanbannya, karena fosil yang diteliti merupakan mahluk hidup yang mati selama berabad-abad dan telah menjadi fosil.

  1. Sanitasi

Ilmu ini mempelajari tentang kebersihan lingkungan, dan pengelolaan lingkungan agar terjaga kebersihan dan kesehatan pada lingkungan tersebut.

  1. Ekologi

Ilmu yang mengkaji kehidupan pada tingkat ekosistemseperti hubungan atau pola timbal balik antara satu individu dengan individu lainnya maupun individu dengan lingkungannya.

  1. Embriologi

Perkembangan ilmu dari cabang biologi yang mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan embrio. Mulai dari fase zigot hingga menjadi individu dengan organ yang terbentuk sempurna.

  1. Taksonomi

Ilmu yang melajari pengklasifikasian atau penggolongansuatu mahluk hidup dari ciri dan ragam yang dimiliki.

  1. Patologi

Ilmu yang mempelajari proses biologi yang tidak normal atau sesuai yang mempengaruhi fungsi tubuh manusia dari tingkat molekuler hingga pada individu lain. Tujuan utama cabang ini adalah untuk mecegah suatu penyakit.

  1. Sitologi

Berasal dari kata Cytos yang berarti sel dan Logos yang berarti ilmu pengetahuan, berarti sitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur sel, fungsi sel, komposisi sel dan interaksi pada sel.

  1. Histologi

Salah satu ilmu dari cara anatomi yang mempelajari tentang struktur jaringan dan sel pada mahluk hidup.

  1. Entomologi

Berasal dari kata Entomon yang artinya serangga. Cabang  dari ilmu zoologi yang mempelajari tentang kelas insectaatau serangga, kelas dengan spesies terbanyak pada animalia.

  1. Helmintologi

Helminthes (Cacing). Ilmu dari cabang parasitologi yang mempelajari tentang cacing yang berperan sebagai parasit

  1. Parasitologi

Ilmu yang mempelajari tentang organisme yang bergantung pada organisme lain yang bersifat merugikan dengan mengambil unsur hara dari inangnya atau yang disebut jugaparasit, ilmu ini mengkaji tentang parasit, inangnya, dan hubungan antara keduanya.

  1. Botani

Cabang ilmu biologi yang memperlajari tentang tanaman atau tumbuhan serta pemanfaatannya dalam bidang pangan, papan, obat-obatan, sumber air, masak-memasak, dll.

  1. Orchidologi

Orchidaceae: Anggrek anggrekan. Orchidologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tanaman anggrek, seperti hibridisasi anggrek.

  1. Zoologi

Cabang dari biologi yang mempelajari tentang seluk beluk kingdom animalia, seperti struktur hewan, fungsi bagian pada hewan, perilaku hewan serta evolusi pada hewan.

  1. Ikhtiologi

Berasal dari kata Ichtyes yang berarti Ikan dan Logos yang berarti ilmu pengetahuan. Cabang ini mempelajari tentang ikan berupa klasifikasi, struktur anatomi, evolusi ikan, cara hidup, fungsi dan sistem organ.

  1. Herpetologi

Herpeton artinya melata dan Logos artinya ilmu pengetahuan. Ilmu ini mempelajari tentang reptilia dan amfibia.

  1. Ornitologi

Berasal dari kata Ornis: Burung, Logos: Ilmu pengetahuan. Ilmu mempelajari tentang evolusi, ekologi, dan perilaku padaburung atau unggas.

  1. Mamologi

Cabang ilmu ini mempelajari tentang hewan mamaliabeserta ciri, struktur, bagian, dll. Pada vetebrata yang memiliki kelenjar susu ini.

  1. Mikrobiologi

Cabang ilmu ini mempelajari tentang mikroorganisme yang berukuran kecil yang hanya bisa dilihat oleh mikroskop, seperti bakteri, fungi, alga, protozoa, achaea, virus, dsb.

  1. Virologi

Ilmu yang mempelajari mahluk sub organisme seperti virustentang peranan bagi kehidupannya maupun bagi kehidupan mahluk lain.

  1. Bakteriologi

Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang seluk beluk dunia bakteri. Seperti struktur, ciri, peranan untuk bakteri maupun untuk lingkungannya.

  1. Algologi

Cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang Algae atau Ganggang.

  1. Mikologi

Berasal dari kata Mykes: Jamur dan Logos: Ilmu. Mikologi berarti, Ilmu yang mempelajari tentang Fungi atau jamur.Mikologi mengkaji tingkat taksonomi dan fisiologi pada jamur.

  1. Protozoologi

Cabang ilmu dari mikrobiologi yang mempelajari tentang mahkluk hidup bersel satu khususnya pada protozoa.

  1. Akarologi

Acarina: Tungau. Cabang biologi yang mempelajari tentangtungau dan seluk beluknya. Kajiannya adalah struktur, ciri, dan peranan tungau pada lingkungan dan individu lain.

  1. Radiologi

Cabang dari ilmu biologi untuk melihat bagian tubuh manusia dengan penerapaan pencitraan sinar-X.