Sebutkan 5 Manfaat Debit

Banyak orang yang belum paham mengenai Debit, kali ini kang Darus akan membahas pengertian debit & Manfaat debit yaitu;

Berikut 5 Manfaat Debit antara lain yaitu;
1. Tidak dikenai bunga atau denda
2. Lebih aman
3.Tabungan Bergerak
4. Bebas cicilan bulanan
5.Praktis

Manfaat Utama dari Kartu Debit

1. Tabungan Bergerak

Kartu debit biasanya diberikan jika Anda membuka rekening tabungan di bank, dan fungsinya pun seperti rekening tabungan Anda yang bisa dibawa ke mana-mana. Kartu debit dapat digunakan untuk menarik uang dari tabungan Anda di ATM. Namun, untuk lebih memudahkan ketika berbelanja, Anda bisa langsung menggesek kartu debit tersebut di mesin EDC yang ada di setiap toko, restoran, atau merchant lainnya. Ketika menggesek kartu debit, secara otomatis rekening di tabungan Anda pun berkurang sesuai dengan nominal pembelanjaan Anda.

2. Tidak dikenai bunga atau denda

Penggunaan kartu debit pun tidak akan dikenakan bunga dari pembelanjaan maupun sisa tagihan yang belum terbayar. Sebab, ketika Anda menggesek kartu debit, saldo di rekening tabungan langsung terpotong untuk membayar belanjaan Anda. Dengan demikian, tidak akan ada tagihan yang tersisa.

Selain itu, biaya administrasi bulanan atau tahunan kartu debit biasanya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan biaya administrasi tahunan kartu kredit yang mencapai ratusan ribu rupiah.

3. Bebas cicilan bulanan

Ketika menggunakan kartu kredit umumnya orang akan menggunakannya untuk mengambil cicilan. Karena itu, tiap bulannya nasabah akan mendapatkan tagihan cicilan yang harus dibayarkan. Dengan kartu debit, Anda akan terbebas dari cicilan tersebut. Sebab, Anda memang hanya menggunakan kartu debit berdasarkan jumlah uang di tabungan. Jika uang di tabungan Anda cukup untuk langsung membayar lunas pembelanjaan, maka belanjaan Anda langsung dibayar lunas.

4. Lebih aman

Penggunaan kartu debit tentu lebih aman dibandingkan jika harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Ketika Anda ingin berbelanja dalam jumlah banyak, Anda tinggal memasukkan uang ke rekening sejumlah yang diinginkan, lalu menuju tempat perbelanjaan hanya membawa kartu debit. Anda pun terbebas dari incaran perampok karena tak terlihat mencolok membawa uang dalam jumlah banyak.

5. Praktis

Hal terakhir dari manfaat yang diberikan kartu debit adalah kepraktisannya. Jika ingin mengambil uang dari rekening tabungan, Anda tak perlu repot-repot datang ke bank dan mengantre cukup lama. Anda tinggal datang ke ATM yang banyak tersedia di mana-mana, lalu mengambil uang dari ATM.

Selain untuk mengambil uang, kartu debit juga memungkinkan Anda untuk melakukan setoran uang ke rekening tabungan Anda. Lagi-lagi, dengan adanya kartu debit Anda tak perlu mengantre lama-lama di bank hanya untuk menyetorkan uang. Anda tinggal mengunjungi ATM setoran tunai untuk dapat menyetorkan uang Anda.