Berikut Penjelasan 4 Jenis Roman

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang 4 Jenis Roman.

Mengacu pada pengertian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Istilah ‘roman’ didefinisikan sebagai sebuah karangan prosa yang melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing masing, lebih banyak membawa sifat-sifat zamannya daripada drama atau puisi. Matzkowski (1998) mengemukakan jika istilah ‘roman’ diambil dari Bahasa Perancis, ‘romanz’ yang penggunaannnya mengacu pada semua karya sastra dari golongan rakyat biasa. Istilah ‘roman’ juga identik berasal; dari ungkapan Latin ‘lingua romana’ yang artinya karya sastra dari golongan biasa.

Roman merupakan sebuah karya sastra yang menceritakan kehidupan seorang atau beberapa tokoh, mulai dari kelahirannya, dewasa, hingga keadaan kematiannya. Selain itu, roman juga didefinisikan sebagai sebuah karya sastra yang menampilkan urutan kejadian yang bersambung satu sama lain yang menggambarkan pengalaman  pengalaman tokoh tokoh yang ada dalam suatu situasi kehidupan tertentu. Gambaran pengalaman tersebut dapat berupa gambaran pengalaman secara lahir maupun batin. Roman juga menggambarkan keseluruhan kehidupan sosial tokoh.

Goethe mengungkapkan jika roman merupakan sebuah karya sastra yang fiksi. Lebih lanjutnya, Goethe mengemukakan jika roman merupakan karya sastra yang mengambarkan peristiwa yang mungkin terjadi dengan kondisi yang tidak mungkin atau hampir tidak mungkin menjadi sebuah kenyataan. Goethe juga mengemukakan jika roman bersifat subjektif karena pengarang akan berusaha mengambarkan dunia menurut pendapatnya sendiri dalam karya sastra tersebut.

Pendapat lainnya dari Jasin (1959) mengungkapkan jika roman merupaka cerita yang melingkupi selurih kehidupan tokoh, pelaku pelakunya digambarkan dari kehidupan di masa kecilnya hingga kematoannya. Namun, ada pendapat lain pula yang menjelaskan jika tokoh dalam roman tidak selalu diceritakan hingga meninggal , tapi ada pula yang diceritakan masih hidup hingga akhir cerita.

Ciri Roman

Untuk lebih mudah dalam hal membedakan roman dengan karya sastra lain, berikut ini adalah ciri ciri dari roman,

  • Roman bercerita tentang seorang tokoh fiktif.
  • Biasanya tokoh dalam roman menceritakan perjalanannya mulai dari kelahirannya hingga kematiannya.
  • Memiliki alur cerita yang kompleks

Jenis-Jenis Roman

Roman diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan beberapa kategori menurut berbagai pendapat dari para ahli seperti Ruttkowsko dan Reichman serta Badudu. Roman dapat dibedakan berdasarkan penggambaran utama di dalamnya dan penitikberatan cerita. Selain itu, sumber lain menjelaskan jika roman juga dapat diklasifikasikan berdasarkan materi, tema, teknik penceritaan, sasaran pembaca, juga tujuan penulisan.

Jenis Roman Berdasarkan Penggambaran Utama dalam Cerita

Ruttkowski dan Reichman (1974) mengklasifikasikan roman menjadi beberapa jenis berdasarkan penggambaran utama yang ada dalam cerita. Jenis jenis roman tersebut antara lain,

  1. Figurenroman (Roman Tokoh), roman jenis ini menitikberatkan penggambaran seorang atau beberapa tokoh di dalam cerita. Atau dengan kata lain fokus utama cerita pada roman jenis ini berkisar pada tokoh yang ada di dalamnya. Salah satu contoh roman jenis ini adalah roman klasik Kisah Tiga Kerajaan.
  1. Raumroman (Roman Dunia), roman jenis ini lebih mengutamakan penggambaran tentang sebuah dunia dalam ceritanya.
  1. Handlungsroman (Roman Tindakan), roman jenis ini mengisahkan pembentukan suatu tingkah laku atau tindakan yang menarik. Atau dengan kata lain  fokus utama dalam cerita ini adalah tentang suatu kejadian atau tindakan.

Berikut 4 Jenis-Jenis Roman antara lain sebagai berikut;
1. Berdasarkan Penitikberatan Cerita
2. Berdasarkan pandangan Badudu
3. Berdasarkan Penggambaran Utama
4. Berdasarkan materi, tema, sasaran tuntutan, dan teknik penceritaan