Sebutkan Definisi Benua, Beserta Nama-namanya

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang Definisi Benua , Beserta nama-namanya

Berikut Macam dan Nama-Nama Benua di Dunia antara lain sebagai berikut;
1. Benua Asia
2. Benua Afrika
3. Benua Amerika Utara
4. Benua Amerika Selatan
5. Benua Eropa
6. Benua Australia

Pengertian dan Nama Nama Benua yang ada di Dunia

SheVanzee – Planet Bumi yang kita huni ini mempunanyai daratan yang sangat luas. Dimana terdiri dari beberapa bentang daratan yang sangat luas sekali. Seperti yang akan saya bahas kali ini yaitu benua, nah di  Bumi yang kita huni ini  memiliki 7 benua, ketujuh Benua tersebut diantaranya adalah Benua Asia, Benua Eropa, Benua Afrika, Benua Amerika Utara, Benua Amerika Selatan, Benua Australia dan Benua Antartika. Sedangkan Samudera atau lautannya terbagi menjadi 4 yaitu Samudera Hindia,Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Samudera Arktik.

Sudah sering kita dengar dalam kehidupan kita Semua orang juga pasti sudah banyak mengetahuinya, karna dari sekolah juga sudah di pelajari namun tahukah kamu apa itu benua? okee langsung saja kita bahas disini namun mohon maaf sebelumnya bila ada salah-salah didalam tulisan yang saya sampaikan ini.

Pengertian Benua
Benua Adalah hamparan daratan yang sangat luas yang berada di permukaan Bumi. Benua memiliki Luas daratan yang lebih besar dari Pulau di dunia.
Dan benua tidaklah sama dengan pulau, karena pulau adalah daratan yang relatif sempit dan dikelilingi oleh laut.

Benua ada yang dihuni oleh manusia dan ada juga yang tidak di huni oleh manusia.
Contoh benua yang dihuni oleh manusia yaitu benua Australia, Afrika, Eropa, Asia, Amerika.
Dan Contoh benua yang tdak dihuni oleh manusia yaitu benua Antartika, karena daerahnya yang terlalu dingin dan selalu bersalju. Maka dari itulah kemungkinan besar manusia juga tidak mau hidup atau menghuni di benua ini. Benua di dunia ini mempunyai luas yang tidak sama dengan benua lainnya.berikut ini adalah Daftar nama-nama  Benua yang ada di Dunia:

1. Benua Asia
Benua Asia merupakan benua terbesar dan paling padat penduduknya di dunia. Dengan Luas 44.579.000 km2. terletak dibagian timur dan belahan utara. Luas Benua Asia terbagi atas lima kawasan yakni kawasan Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Sebagian besar kawasan Benua Asia terletak di belahan bumi utara, sedangkan yang ada di belahan bumi selatan adalah beberapa pulau termasuk Negara Indonesia.

Benua ini mencakup 8,7% dari total luas permukaan bumi dan terdiri dari 30% dari luas daratannya. Dengan sekitar 4,3 miliar orang, terdapat 60% dari populasi manusia dunia saat ini. Asia memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi di era modern. Misalnya, selama abad ke-20, Populasi Asia hampir empat kali lipat.

2. Benua Afrika
Afrika adalah benua terbesar ketiga didunia setelah Asia dan Amerika, dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. Dengan luas wilayah 30.224.050km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi 20,3% dari seluruh total daratan Bumi. Dengan 800 juta penduduk di 54 negara, benua ini merupakan tempat bagi sepertujuh populasi dunia

Dipisahkan dari Eropa oleh Laut Tengah, Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya melalui terusan Suez yang memiliki lebar 130 km. Semenanjung Sinai yang dimiliki oleh Mesir sering dianggap secara geopolitis sebagai bagian dari Afrika.

3. Benua Amerika Utara
Amerika Utara adalah sebuah benua di belahan bumi utara. Di utara benua ini berbatasan dengan Lautan Arktik, di sebelah timur dengan Samudra Atlantik Utara, di sebelah selatan dengan Laut Karibia, dan di sebelah barat dengan Samudra Pasifik Utara. Benua ini meliputi wilayah sebesar 24.500.000 km² atau sekitar 4,8% dari permukaan bumi.

Mulai Juli 2002, penduduknya diperkirakan lebih dari 514.600.000. Benua adalah benua ketiga yang palingbesar menurut luas, setelah Asia dan Afrika, dan ialah keempat menurut penduduk setelah Asia, Afrika, dan Eropa. Baik Amerika Utara dan Selatan dinamakan menurut Amerigo Vespucci, yaitu orang Eropa pertama yang melontarkan gagasan bahwa Amerika tidak sama dengan Hindia Timur. Dan dia adalah orang Eropa pertama yang menemukan ‘Dunia Baru’.

4. Benua Amerika Selatan
Amerika Selatan adalah sebuah benua yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utara melaluiTanah Genting Panama. Benua ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan. Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat.

Diduga Amerika Selatan didiami pertama kali oleh manusia yang bermigrasi dari Asia melalui Tanah Genting Bering yang sekarang merupakan Selat Bering menuju Amerika Utara dan ke selatan menuju Amerika Selatan. Dugaan lain tentang hal migrasi tersebut ke Amerika Selatan adalah dari bagian selatan Samudra Pasifik melalui kepulauan di Oceania.

Luas area Amerika Selatan berada pada peringkat keempat setelah Asia,Afrika dan Amerika Utara sedangkan populasinya terdapat pada peringkat kelima setelah Asia, Afrika,Eropadan Amerika Utara.

5. Benua Eropa
Benua Eropa adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas 10.180.000 km² sedangkan bila dihitung dari populasinya, benua ini terletak di urutan ketiga dengan populasi terbanyak di bawah Asia, dan Afrika dengan 742,5 juta jiwa pada tahun2013 atau sama dengan seperdelapan penduduk dunia.

Secara geografi Eropa merupakan bagian dari daratan yang lebih besar dikenal sebagai Eurasia. Benua ini mulai dari Pegunungan Ural di Rusia, yang menggambarkan batasan timur Eropa dengan Asia.

Batasan tenggara dengan Asia tidak tergambarkan secara jelas. Paling umum adalah Sungai Ural atau, Sungai Emba. Batasan berlanjut dengan Laut Kaspia, dan kemudian Pegunungan Kaukasus, atau Depresi Kuma-Manych, dan sampai ke Laut Hitam. Bosporus, Laut Marmara, dan Dardanelles mengakhiri batasan Asia. Laut Mediterania di selatan memisahkan Eropa dari Afrika. Batasan di bagian barat adalah Samudra Atlantik

6. Benua Antartika
Antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi, hampir seluruhnya terletak di Lingkar Antartika dan dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Samudra Atlantik dan Samudra Hindia. Dengan luas 14 juta Km².

Benua Antartika adalah benua terluas kelima setelah Asia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.dengan Luas 14.000.000 Km².  Sebagai perbandingan, Antartika hampir dua kali ukuran Australia. Sekitar 98% dariAntartika ditutupi oleh es yang rata-rata ketebalan minimal 19 kilometres (12 mi), seluruh daratan meluas tetapi di bagian utara mencapai Semenanjung Antartika.

Antartika memiliki kelembaban rata-rata terendah, suhurata-rata terendah di antara semua benua di bumi, benua tertandus, benua berangin terkencang, dan memiliki elevasi rata-rata tertinggi dari semua benua.

Antartika dianggap sebagai gurun, dengan curah hujan hanya 200  mm (8inci) di sepanjang pantai dan jauh lebih sedikit di pedalaman.

Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup Es sepanjang tahun mencapai -89   °C (-129   °F).Populasinya terkecil jauh di bawah yang lain umumnya dihuni oleh para peneliti dan ilmuwan untuk batas waktu tertentu saja sekitar1000 sampai 5000 orang. Hanya organisme yang dapat hidup dan beradaptasi di suhu dingin termasuk berbagai jenis fungi,alga,bakteri,protista,tumbuhan, selain itu hewan seperti Penguin, Nematoda,Anjing laut. Vegetasi yang ada hanya tundra.Legenda dan spekulasi tentang sebuah Terra Australis(“Tanah Selatan”) sudah ada sejak zaman kuno, penemuan benua yang pertama kali diterima umum terjadi pada tahun 1820 dan pendaratan yang pertama tercatat tahun1821. Namun, peta yang dibuat Laksamana Piri Reis tahun 1513 memuat sebuah benua selatan yang diduga sebagai pantai Antartika.

Antartika merupakan zona bebas, walaupun sampai saat ini masih ada beberapa negara di dunia yang mengajukan klaim kepemilikan wilayah di benua Antartika tersebut.

6. Benua Australia
Benua Australia merupakan benua terkecil yang terletak di selatan Indonesia. Dengan luas tidak diketahui. Ditemukan oleh James Cook dari Inggris pada tahun 1770.

Benua Australia ini mempunyai luas daratan kurang lebih sebesar 9.008.500 km² dan memenuhi 5,9% dari total luas daratan yang ada di Bumi. Benua Australia dan Oseania ini dihuni oleh sekitar 29.127.000 jiwa, sehingga dapat dihitung bahwa kepadatan penduduk di benua ini sekitar 3,2/ km².

Cukup sekian postingan yang saya sampaikan semoga ada manfaatnya mohon maaf bila ada kesalahan yang terdapat di tulisan ini. Postingan ini saya ambil dari wikipedia dan sumber lainnya. Jika ada masukan atau ada tamahan silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah. Sekian dan terimakasih Semoga bermanfaat.