Berikut Ini Penjelasan Etiologi dan Klasifikasinya.

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang Penjelasan, Etiologi dan Klasifikasinya.

Berikut ini Etiologi dan Klasifikasi Epilepsi antara lain sebagai berikut;
1. Kriptogenik
2. Idiopatik
3. Simtomatis

Penjelasannya

Etiologi artinya adalah ilmu yang mempelajari tentang asal atau penyebab suatu penyakit dalam dunia kedokteran. Penyakit yang sering dibahas dalam etiologi adalah hipertensi. Hipertensi atau istilah untuk darah tinggi yaitu suatu penyakit dengan kondisi medis yang beragam. Pada kebanyakan pasien daerah tinggi, etiologi dan patofisiloginya tidak diketahui pasti apakah hipertensi primer (essensial) atau sekunder.

1. Hipertensi primer (essensial)

Lebih dari 90% pasien dengan hipertensi merupakan hipertensi essensial (hipertensi primer). Hipertensi primer ini tidak dapat disembuhkan tetapi dapat di kontro. Literatur lain mengatakan, hipertensi essensial merupakan 95% dari seluruh kasus hipertensi. Dikatakan hipertensi primer bila tidak ditemukan penyebab dari peningkatan tekanan darah tersebut.

2. Hipertensi Sekunder

Kurang dari 10% penderita hipertensi merupakan sekunder dari penyakit komorbid atau obat-obat tertentu yang dapat meningkatkan tekanan darah (lihat tabel). Hipertensi sekunder disebabkan oleh penyakit/keadaan seperti feokromositoma, hiperaldosteronisme primer (sindroma Conn), sindroma Cushing, penyakit parenkim ginjal dan renovaskuler, serta akibat obat.