Ternyata Tugas PPKI Sebagai berikut!!

PPKITernyata Tugas PPKI Sebagai berikut!!

Ketua PPKI adalah Ir. Soekarno dan Moh Hatta, dua pahlawan nasional yang dikenal sebagai pahlawan proklamator. Suatu badan yang dibentuk pemerintah Jepang tanggal 7 Agustus 1945. Badan ini bertugas menyiapkan segala sesuatu menyangkut masalah ketatanegaraan menghadapi penyerahan kekuasaan pemerintahan dari Jepang kepada bangsa Indonesia.

 

Tugas PPKI

Ada beberapa tugas tugas PPKI yang harus dijalankan dan dibahas dalam sidang. Berikut merupakan tugas tugas PPKI dan penjelasannya

1. Mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia

PPKI dibentuk untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Persiapan yang dimaksud terkait pada segala hal, mulai dari waktu dan tempat pembacaan teks proklamasi, persiapan anggota hingga penyusunan struktur negara setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

2. Mengesahkan undang-undang dasar negara

Sebuah negara tentu harus memiliki konstitusi yang mengatur. Dalam hal ini, tugas PPKI adalah membuat, menyusun dan mengesahkan undang-undang dasar negara Indonesia.

3. Memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden Indonesia

PPKI juga bertugas memilih dan mengangat presiden dan wakil presiden Indonesia. Presiden akan berfungsi sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. PPKI kemudian mengangkat Soekarno sebagai presiden Indonesia dan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden Indonesia.

4. Membentuk komite nasional yang membantu tugas presiden

Dalam menjalankan tugasnya, presiden dibantu oleh komite nasional yang dibentuk PPKI. Pembentukan komite nasional dilakukan sebelum MPR dan DPR terbentuk.